DPR: Syarat Administrasi Calon Panglima TNI Sudah Lengkap

Uji kelayakan calon Panglima TNI digelar pekan depan

Jakarta, IDN Times - Komisi 1 DPR RI menyatakan persyaratan administrasi calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto sudah lengkap. 

Ketua Komisi 1 DPR RI Meutya Hafid menjelaskan, verifikasi fisik berkas administrasi calon Panglima TNI saat ini tengah diperiksa oleh pimpinan Komisi 1 DPR.

"Saya menyampaikan bahwa syarat administrasi calon panglima TNI sudah lengkap," kata Meutya Hafid dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/11/2023).

Menurut Meutya, tahap verifikasi administrasi berkas secara fisik akan dilakukan pada hari Senin (13/11/2023). Adapun berkas administrasi yang akan diverifikasi terkait riwayat hidup, NPWP, KTP, Kartu Keluarga, LHKPN 2022, SPT Pajak 2022, dan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah.

"Kita akan periksa berkas fisik administrasi sebelum memulai fit and proper test," ujarnya.

Baca Juga: DPR Berharap Jokowi Lantik Panglima TNI Baru Sebelum 26 November 

1. Verifikasi berkas administrasi calon Panglima TNI digelar tertutup

DPR: Syarat Administrasi Calon Panglima TNI Sudah LengkapAnggota Komisi 1 Dave Laksono (IDN Times/Margith Juita) Damanik

Terpisah, Anggota Komisi 1 DPR lainnya, Dave Laksono mengatakan, pemeriksaan berkas calon Panglima TNI Agus Subiyanto akan dilakukan secara tertutup. Pihaknya akan meninjau terkait keabsahan berkas administrasi Agus Subiyanto.

Selanjutnya, setelah berkas-berkas tersebut sudah sah, maka akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan yang telah diagendakan pada pekan depan.

"Iyah, tetapi rapat tertutup yang hanya melihat keabsahan data-keabsahan capang (calon panglima) TNI," ujar dia.

2. Agus kirim berkas pencalonan Panglima TNI ke Komisi 1

DPR: Syarat Administrasi Calon Panglima TNI Sudah LengkapJenderal Dudung Abdurachman melakukan serah terima jabatan ke Jenderal Agus Subiyanto. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto menyatakan telah menyerahkan sejumlah berkas administrasi sebagai syarat pencalonan dirinya sebagai Panglima TNI. Kendati demikian, berkas tersebut tidak diserahkan secara langsung olehnya ke DPR.

"Saya hanya mengirimkan (dokumen) administrasi saja. Saya tidak ke DPR karena ada beberapa kegiatan. Upacara hari Pahlawan 10 November di Kalibata dengan Inspektur Upacara Bapak Presiden. Kemudian, saya melanjutkan kegiatan acara wisuda purnawira di Magelang," ujar Agus.

3. Uji kelayakan digelar pekan depan

DPR: Syarat Administrasi Calon Panglima TNI Sudah LengkapKetua Komisi I DPR fraksi Golkar, Meutya Hafid di Kantor DPP Partai Golkar, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (18/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Diketahui, Komisi 1 DPR telah mengagendakan untuk menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI, Agus Subiyanto, pada Senin 13 November 2023 sekitar pukul 10.00 WIB.

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid menjelaskan, calon Panglima TNI Agus Subiyanto akan diberi waktu selama 30 menit untuk memaparkan visi-misi di hadapan anggota DPR. 

Adapun pemaparan visi-misi akan dilakukan secara terbuka. Namun apabila ada beberapa isu yang harus didalami oleh masing-masing anggota, maka pemaparan visi-misi akan dilakukan secara tertutup.

"Penyampaian visi misi yang biasa disebut fit and proper test itu akan dilakukan hari Senin tanggal 13 November pagi," kata dia.

Baca Juga: DPR Bakal Soroti Dua Isu Penting untuk Calon Panglima TNI

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya