DPR Bakal Soroti Dua Isu Penting untuk Calon Panglima TNI

Uji kelayakan Panglima TNI digelar Senin depan

Jakarta, IDN Times - Komisi 1 DPR RI akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Calon Panglima TNI Agus Subiyanto pada Senin, 13 November 2023 pekan depan.

Anggota Komisi 1 DPR, Bobby Adhityo Rizaldi menyampaikan, dua isu penting menjadi perhatian yang akan ditanyakan kepada Agus Subiyanto saat pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan. Dia mengatakan, dua isu ini menyangkut pengamanan pemilu 2024 dan pengamanan Papua. 

"Pertama adalah itu tadi, bagaimana kesiapan dalam menghadapi pemilu dan tentu priorotas utama penanganan masalah di Papua, masalah keamanan di Papua," kata Bobby saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/11/2023).

1. DPR bakal soroti keamanan dan pertahanan di Papua

DPR Bakal Soroti Dua Isu Penting untuk Calon Panglima TNIANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bobby menambahkan, Komisi 1 akan fokus untuk menyoroti pemenuhan formasi dan kebutuhan organisasi militer di Papua setelah adanya pemekaran sejumlah provinsi baru.

Dengan berdirinya pemerintahan administrasi baru di Papua, Komisi 1 tentu akan meminta penjelasan dari Agus Subiyanto apakah nantinya dibutuhkan tambahan pembentukan organisasi militer di sana.

"Karena kan ada yang namanya wilayah administrasi baru, tentu ini memerlukan organisasi militer yang bisa naungi kebutuhan tersebut, jadi utamanya itu, dari formasi dengan terbentuknya ada pemerintahan administrasi baru," kata dia.

Baca Juga: DPR Berharap Jokowi Lantik Panglima TNI Baru Sebelum 26 November 

2. Uji kelayakan Agus Subiyanto digelar Senin depan

DPR Bakal Soroti Dua Isu Penting untuk Calon Panglima TNIMeutya Hafid pimpin sidang Komisi I DPR (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Komisi 1 DPR RI telah mengagendakan untuk menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Calon Panglima TNI, Agus Subiyanto pada Senin, 13 November 2023 sekitar pukul 10.00 WIB.

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, menjelaskan, Calon Panglima TNI Agus Subiyanto akan diberi waktu selama 30 menit untuk memaparkan visi-misi di hadapan anggota. 

Adapun pemaparan visi-misi akan dilakukan secara terbuka. Namun apabila ada beberapa isu yang harus didalami oleh masing-masing anggota, maka pemaparan visi-misi akan dilakukan secara tertutup.

"Penyampaian visi misi yang biasa disebut fit and proper test itu akan dilakukan hari Senin tanggal 13 November pagi," kata dia.

3. Uji kelayakan Calon Panglima TNI diharapkan selesai dalam satu hari

DPR Bakal Soroti Dua Isu Penting untuk Calon Panglima TNIJenderal Dudung Abdurachman melakukan serah terima jabatan ke Jenderal Agus Subiyanto. (IDN Times/Santi Dewi)

Meutya berharap, uji kelayakan dan kepatutan Calon Panglima TNI Agus Subiyanto selesai dalam satu hari sehingga Komisi I bisa langsung memberikan keputusan.

"Kita harapkan hari itu juga kami sudah akan mmbrikan keputusan di rapat internal setelah RDPU," ujarnya.

Selanjutnya, pada hari yang sama, Komisi I juga akan menggelar verifikasi faktual dengan meninjau langsung ke kediaman pribadi Agus Subiyanto.

"Kemudian pada hari itu juga kita akan lakukan verifikasi faktual datang ke kediaman pribadi beliau tempatnya kita masih belum tahu tapi itu juga direncanakan selesai seluruhnya di tanggal 13 November," kata dia.

Kemudian, setelah verifikasi faktual, maka Komisi I DPR RI akan bersurat ke pimpinan DPR untuk menyetujui Calon Panglima TNI Agus Subiyanto di rapat paripurna.

"Nanti dari situ Komisi 1 akan bersurat kepada pimpinan DPR untuk kemudian disetujui di paripurna. Untuk jadwal di paripurnanya itu nanti di pimpinan DPR," ujar dia.

Baca Juga: DPR Pastikan Pengecekan Berkas Calon Panglima TNI Selesai Hari Ini

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya