Gerindra: Eko Patrio Pantas Jadi Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

PAN anggap Eko Patrio politikus yang baik

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburrahman tak mempersoalkan bila politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Eko Patrio diajukan sebagai salah satu menteri di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. Menurut dia, Eko pantas untuk menjadi menteri. 

"Jadi menurut saya pantas-pantas banget pak Eko jadi menteri," ujarnya saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Habibur turut senang dan bangga bila Eko Patrio nantinya menjadi salah satu menteri di kabinet pemerintahan yang akan datang. Terlebih, ia merupakan politikus yang berasal dari Jakarta Timur. 

"Kita sih senang-senang saja, kalau Eko kan orang Jakarta Timur juga kan, jadi punya temen menteri saya. Saya ikut bangga," kata dia.

1. Duga nama Eko jadi menteri didapat dari Prabowo

Gerindra: Eko Patrio Pantas Jadi Menteri Kabinet Prabowo-GibranWakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburrahman. (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, Habibur juga menyampaikan bahwa usulan Eko Patrio sebagai menteri itu datang dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas). Ia pun menduga, Zulhas tak akan sembarangan memunculkan nama kader yang akan menjadi menteri.

Terlebih, dia mengatakan, Zulhas memiliki saluran langsung ke Prabowo Subianto. Sehingga diduga munculnya nama Eko Patrio itu juga didapat dari Prabowo sebagai presiden terpilih.

"Karena yang menyampaikan kan bang Zul, bang Zul kan Ketum, tentu Ketum punya saluran komunikasi khusus dengan pak Prabowo sesama Ketum kan. Ya mungkin saya menduga itu didapat langsung dari pak Prabowo," ucap dia.

2. PAN singgung nama Eko Patrio sebagai menteri di kabinet Prabowo-Gibran

Gerindra: Eko Patrio Pantas Jadi Menteri Kabinet Prabowo-GibranPrabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Daulay, mengatakan Eko Patrio memiliki banyak pengalaman politik. Menurutnya, Eko menjadi anggota DPR RI selama dua periode. Kemudian pada Pileg 2024, Eko kembali terpilih.

"Eko Patrio itu politisi senior. Sudah tiga periode menjabat di DPR. Sekarang terpilih lagi untuk periode keempat. Dari sisi pengalaman, tentu mas Eko pantas dan mumpuni jadi menteri," ujar Saleh.

"Kalau dari sisi kepemimpinan, Mas Eko sangat baik. Di dunia bisnis, tidak diragukan lagi. Sampai sekarang, bisnisnya di dunia entertainment berjalan dengan baik. Pergaulannya sangat luas," imbuh dia.

3. Eko dinilai merupakan politikus yang baik

Gerindra: Eko Patrio Pantas Jadi Menteri Kabinet Prabowo-GibranPrabowo Subianto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Meski demikian, PAN juga masih menunggu posisi menteri apa yang akan diberikan. Saleh menyebut, Eko juga memiliki banyak keahlian apabila diminta untuk menjadi menteri.

"Soal kabinet tadi, kan pasti ada posisi dimana mas Eko sangat menguasai. Nah, apakah posisi itu ditawarkan ke PAN? Kita tunggu saja. Tidak usah terburu-buru," kata dia.

Lebih lanjut, Saleh mengatakan, Eko merupakan politikus yang baik. PAN akan menugaskan kader terbaiknya apabila diminta Prabowo untuk menjadi menteri.

"Saya menilai, Mas Eko itu politisi yang baik. Dia sekretaris saya di Fraksi PAN. Banyak tugas di DPR yang sukses dilaksanakan. Ya, pantaslah kalau Ketum Zulhas menyebut namanya sebagai salah seorang calon menteri," imbuh dia.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya