Jadi Saksi Pertemuan Firli-SYL, Polisi Periksa Pemilik Rumah Kertanegara 46

Rumah Kertanegara digeledah polisi

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya memeriksa pemilik rumah di Jl Kertanegara, nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, berinisial E untuk mendalami kasus pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo. Rumah tersebut selama ini disewa oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pemilik rumah tersebut diperiksa di Subdit Tipikor hari ini, Jumat, 27 Oktober 2023 sekitar pukul 10.00 WIB.

"Pemilik rumah Kertanegara 46, hari ini dijadwalkan untuk dilakukan pemeriksaan pada pukul 10.00 WIB di lantai 21 gedung Promoter, ruang riksa penyidik subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya," kata Ade Safri saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat (27/10/2023).

1. Rumah Kertanegara 46 menjadi saksi bisu pertemuan Firli Bahuri-SYL

Jadi Saksi Pertemuan Firli-SYL, Polisi Periksa Pemilik Rumah Kertanegara 46Polisi melakukan penggeledahan di rumah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri di Jl Kertanegara Nomor 46 Jakarta Selatan. (IDN Times/Amir Faishol)

Terpisah, Kuasa Hukum Syahrul Yasin Limpo, Arianto mengungkapkan, Firli Bahuri sempat bertemu dengan SYL di rumah Kertanegara, Jakarta Selatan. 

Meski begitu, Arianto tidak mengetahui persis kapan pertemuan itu berlangsung. Namun, menurutnya tempat itu menjadi rumah aman Firli Bahuri.

"Betul pernah ketemu di situ. Konon katanya itu safe house KPK," ujarnya.

Baca Juga: Firli dan 4 Pimpinan KPK Diperiksa Terkait Pemerasan SYL Hari Ini

3. Rumah Kertanegara disewa Firli Bahuri

Jadi Saksi Pertemuan Firli-SYL, Polisi Periksa Pemilik Rumah Kertanegara 46Personel kepolisian melakukan pengamanan saat penggeledahan di salah satu kediaman Ketua KPK Firli Bahuri di kawasan Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (26/10/2023). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sementara itu, Ade Safri mengungkapkan, Firli Bahuri menyewa rumah Kertanegara. Namun, ia belum menjelaskan lebih lanjut, alasan Firli Bahuri menyewa rumah tersebut.

Rumah yang disebut-sebut sebagai rumah aman Firli Bahuri itu pun sempat digeledah oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Namun, dia mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan untuk mengetahui detil rumah tersebut.

"Iya, ya jadi untuk diidentifikasinya rumah tersebut (Kertanegara) disewa (Firli Bahuri). Saat ini sedang kami lakukan pemeriksaan untuk mengetahui detail identifikasi dari rumah di Kertanegara nomor 46 dimaksud," kata dia.

3. Polisi geledah rumah Firli Bahuri, sejumlah barang diangkut

Jadi Saksi Pertemuan Firli-SYL, Polisi Periksa Pemilik Rumah Kertanegara 46Polisi membawa satu koper dari rumah Firli Bahuri yang digeledah, Kamis (26/10/2023). (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menggeledah dua rumah Firli Bahuri yaitu di Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan Perumahan Grand Galaxy, Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (26/10/2023) kemarin.

Dalam penggeledahan itu, penyidik mengangkut satu koper yang diduga menjadi barang bukti dari rumah di Jl Kertanegara, nomor 46, Kebayoran Baru, Selatan.

Selain itu, pada hari yang sama, penyidik turut menggeledah rumah Firli Bahuri di Bekasi. Namun, penyidik masih belum menemukan barang bukti.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, penggeledahan dilakukan sebagai bagian dari serangkaian penyidikan dalam kasus pemerasan SYL

"Betul (ada penggeledahan di dua rumah Firli Bahuri). Intinya, ini dalam rangkaian proses penyidikan untuk membuat terang suatu kasus pidana dugaan pemerasan," kata dia.

Baca Juga: Begini Ekspresi Firli Bahuri Saat Rumahnya Digeledah Polisi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya