Menko PMK Kenang Doni Monardo, Berhasil Evakuasi WNI dari Wuhan

"Beliau betul-betul bekerja penuh 24 jam."

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengenang momen ketika ia bekerja bersama Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI (purn) Doni Monardo di waktu Indonesia dihantam Pandemik COVID-19.

Salah satu yang dia ingat adalah evakuasi terhadap sejumlah WNI dari Wuhan China. Wuhan saat itu menjadi pusat penyebaran Pandemik COVID-19. Pemerintah China kala itu bahkan terpaksa mengisolasi Wuhan untuk menekan penyebaran virus ke seluruh dunia.

Saat Pandemik COVID-19, Kemenko PMK kata dia bekerja secara intens dengan BNPB untuk menanggulangi penyebaran virus.

"Saya memiliki intensitas kerja sama yang tinggi ketika sama-sama menangani COVID-19 sejak awal waktu namanya masih corona dan waktu itu kita mengevakuasi WNI dari Wuhan, China," kata Muhadjir di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023).

Doni Monardo, kata dia, merupakan sosok pekerja keras. Mantan Danjen Kopassus itu tidak pernah mengenal kata menyerah walaupun kondisinya saat itu kurang prima atas penyakit yang diderita.

"Beliau betul-betul bekerja penuh 24 jam tidak pernah pulang selama menangani COVID-19 itu," ujar dia.

Ia juga menyampaikan bahwa Doni Monardo adalah sosok yang sangat luwes dan mudah bergaul. Sebagian Kepala BNPB, Doni juga memiliki komitmen yang tinggi terhadap lingkungan.

"Beliau rendah hati dan luwes di dalam pergaulan sangat luas dan selalu komitmen terhadap prolingkungan. Beliau sangat hafal tentang berbagai macam tanaman-tanaman lindung ketika menjadi kepala BNPB," kata dia.

Diketahui, Doni Monardo menghembuskan nafas terakhirnya di RS Siloam Jakarta Selatan pada Pukul 17.32 WIB Minggu (3/12/2023) setelah menjalani perawatan intensif sejak 17 September 2023 lalu.

"Telah meninggal dunia Letjen Purn DR HC Doni Monardo pada hari Ahad, 3 Desember 2023," ujar Stafsus Doni Monardo, Egy Massadiah.

Baca Juga: Prabowo Hadiri Persemayaman Doni Monardo di Mako Kopassus

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya