Mikrotrans Rute Kramat Jati-Bambu Apus Beroperasi Hari Ini

Ada 75 titik perhentian

Jakarta, IDN Times - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menambah layanan Mikrotrans JAK108 rute Kramat Jati - Bambu Apus. Rute ini resmi aktif beroperasi pada Senin (18/9/2023).

Layanan Mikrotrans JAK.108 rute Kramat Jati - Bambu Apus ini bakal beroperasi setiap Senin - Minggu pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

1. Ada 75 titik perhentian yang dilalui di rute ini

Mikrotrans Rute Kramat Jati-Bambu Apus Beroperasi Hari IniMikrotrans Tanjung Priok–Ancol Barat dengan kode JAK 88 (Dok. Humas Transjakarta)

Kepala Departemen Humas dan CSR TransJakarta Wibowo mengatakan, nantinya, rute ini akan ada 75 titik perhentian yang akan dilalui oleh Mikrotrans JAK.108 (Kramat Jati - Bambu Apus).

Kemudian dari Kramat Jati - Bambu Apus terdapat 46 titik perhentian, sedangkan dari Bambu Apus - Kramat Jati terdapat 29 titik perhentian.

Baca Juga: TransJakarta Uji Coba Metrotrans Rute Puri Beta-Latuharhary

2. TransJakarta juga lakukan modifikasi layanan rute 4C dan 2B

Mikrotrans Rute Kramat Jati-Bambu Apus Beroperasi Hari Iniilustrasi hujan (IDN Times/Rochmanudin)

Selain itu, TransJakarta juga melakukan modifikasi dua layanan TransJakarta yakni rute 4C (TU Gas Bundaran Senayan) dan 2B (Transera - ASMI) dengan bus Low Entry atau Metrotrans dalam melayani pelanggan. Penyesuaian layanan ini mulai diberlakukan pada Selasa, 19 September 2023.

Penyesuaian layanan ini akan memfasilitasi penaikan dan penurunan pelanggan di titik- titik pemberhentian bus.

Layanan Transjakarta rute 4C (TU Gas - Bundaran Senayan) akan melalui 74 titik perhentian. Dari TU Gas menuju Bundaran Senayan terdapat 38 titik perhentian, sebaliknya dari Bundaran Senayan menuju TU Gas terdapat 36 titik perhentian.

Sementara untuk rute 2B (Transera - ASMI) akan melalui 58 titik perhentian. Dari Transera menuju Asmi terdapat 28 titik perhentian, sebaliknya dari ASMI menuju Transera terdapat 30 titik perhentian.

3. Terintegrasi layanan koridor dan non-koridor TransJakarta

Mikrotrans Rute Kramat Jati-Bambu Apus Beroperasi Hari IniIlustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Rochmanudin)

Diketahui, PT Transjakarta juga mengoperasikan tiga layanan Mikrotrans baru pada September 2023. Tiga rute ini bakal dioperasikan secara bertahap, mulai dari Terminal Tanjung Priok-Terminal Rawamangun (JAK87), Terminal Kampung Rambutan-Munjul (JAK98), dan Industri Raya-ASMI (JAK76).

Layanan Mikrotrans juga terintegrasi dengan layanan koridor dan nonkoridor Transjakarta. Pelanggan rute Terminal Tanjung Priok-Terminal Rawamangun (JAK87) terkoneksi dengan halte Walikota Jakarta, halte Plumpang Pertamina, dan halte ASMI, yang terhubung dengan koridor 2 (Pulogadung-Monas), koridor 12 (Tanjung Priok-Pluit), hingga 2B (Harapan IndahASMI).

Kemudian pelanggan Mikrotrans rute Industri Raya-ASMI (JAK76) terkoneksi dengan Halte Kemayoran Landas Pacu Timur, halte ASMI.

Sementara itu titik pemberhentian (bus stop) Kampung Irlan yang terintegrasi juga dengan koridor 2, 12, 2B (Harapan Indah-ASMI), dan 10K (Tanjung PriokSenen via Taman BMW).

Baca Juga: TransJakarta Operasikan Tiga Layanan Mikrotrans Baru, Ini Rutenya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya