MUI Bogor Gelar Ijtima Ulama Bahas Penyimpangan Ponpes Al Zaytun

Dukung pembentukan tim investigasi

Jakarta, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar ijtima ulama salah satunya membahas polemik Pondok Pesantren Al Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Ketua MUI Kabupaten Bogor Prof KH Ahmad Mukri Aji menegaskan bahwa MUI Kabupaten Bogor mendukung MUI Pusat yang menyatakan bahw Ponpes Al Zaytun menyimpang.

"Mendukung sepenuhnya sikap MUI Pusat yang menyatakan Pondok Pesantren Al Zaytun telah menyimpang dari ajaran Islam," kata Prof KH Ahmad Mukri Aji usai ijtima ulama, Minggu (25/6/2023).

1. Soroti dugaan penyimpangan di Ponpes Al Zaytun

MUI Bogor Gelar Ijtima Ulama Bahas Penyimpangan Ponpes Al Zaytuninstagram.com/infolangsaku

Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta itu juga menyoroti sejumlah dugaan ajaran yang menyimpang di Pesantren Al Zaytun.

Dia mencontohkan salah satunya adalag saf salat yang disejajarkan antara laki-laki dan perempuan.

"Khotbah-nya juga bisa dilakukan oleh wanita saat KhotbahJumat, kesesatan itu variatif sekali sampai dengan Al Quran katanya bukan Kalamullah tapi ucapan baginda Rasul," ungkapnya.

Baca Juga: Polri Gandeng MUI Dalami Dugaan Penistaan Agama di Ponpes Al Zaytun

2. MUI Bogor dorong pemerintah bentuk tim investigasi

MUI Bogor Gelar Ijtima Ulama Bahas Penyimpangan Ponpes Al Zaytun(Instagram/Al Zaytun Indonesia)

MUI Kabupaten Bogor kata dia juga mendukung pemerintah membentuk tim investigasi untuk mengungkap dugaan penyimpangan ajaran sesat di Ponpes Al Zaytun.

“Sudah ada 20 anggota tim yang secara spesifik melihat dari aspek akidah dari kesesatannya dan juga syariah," ujarnya.

3. Bareskrim Polri dalami dugaan penistaan agama oleh pimpinan Ponpes Al Zaytun

MUI Bogor Gelar Ijtima Ulama Bahas Penyimpangan Ponpes Al ZaytunKabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menegaskan bahwa pihaknya segera menindaklanjuti laporan terkait kisruh Ponpes Al Zaytun.

“Tadi saya sudah diarahkan oleh pak Menko Polhukam dalam hal itu,” kata Agus  kepada wartawan seusai acara Bhayangkara Walk Fun, di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (25/6/2023).

Agus mengatakan Bareskrim Polri akan mendalami dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang.

“Intinya kami siap untuk menerima laporan terhadap aktivitas pondok pesantren Al Zaitun yang diduga melakukan penistaan agama nanti kita akan tangani dari sana,” ucapnya.

Baca Juga: Ini 3 Langkah Mahfud MD Tuntaskan Kisruh Ponpes Al Zaytun

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya