Pakai Lurik, Anies Ikuti Upacara HUT 78 RI Bareng Warga di Cilandak

Anies berbaur dan berada di dalam barisan peserta upacara

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan melaksanakan upacara HUT ke-78 RI bersama warga RW 4 Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2023).

Anies Baswedan mengenakan pakaian lurik Yogya datang ke lokasi upacara di belakang rumahnya bersama sang istri, Ferry Farhati.

Tak hanya Anies, beberapa peserta upacara lainnya juga mengenakan pakaian adat berbagai daerah di Nusantara.

Bacapres yang diusung NasDem, PKS, dan Demokrat itu terlihat berbaur dan berada di dalam barisan peserta upacara bersama warga lainnya.

Dalam sambutannya, Anies berterima kasih kepada ratusan warga RW 04 yang meluangkan waktu menghadiri upacara. "Mari kita pekikkan salam kemerdekaan dan salam kebangsaan," kata Anies.

Menurut Anies, upacara HUT RI seperti ini mengingatkan kita bahwa kemerdekaan adalah jembatan emas menuju kemakmuran dan kesejahteraan. Para pendiri bangsa memproklamirkan kemerdekaan sembari mengungkapkan janji yang harus ditunaikan oleh generasi setelahnya.

"Janjinya apa saja? Yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kejesejahteraan umum, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Nah, janji kemerdekaan itulah yang harus kita tunaikan karena semua janji itu belum terlunasi saat ini," tutur Anies.

Mantan Gubernur DKI itu menyebut, pemilu merupakan momen yang tepat untuk melunasi janji kemerdekaan tersebut. Pemimpin yang terpilih dari pemilu harus figur yang mampu.

"Beberapa bulan lagi dilaksanakan pemilu. InsyaAllah kita akan menentukan arah bangsa untuk membawa kita melunasi janji kemerdekaan tersebut," kata Anies.

Baca Juga: Seperti Raja Zaman Dulu, Jokowi Pakai Baju Adat Ini di HUT 78 RI

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya