Polusi Udara, Ketua DPRD DKI Dukung WFH Pegawai Pemprov 3 Bulan 

Perusahaan swasta diimbau WFH 75 persen

Jakarta, IDN Times - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi meminta Penjabat Gubernur DKI Jakarta untuk menerapkan Work From Home (WFH), bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Prasetyo mengusulkan WFH pegawai 50 persen dilakukan selama tiga bulan, yakni 21 Agustus 2023 sampai Oktober 2023, karena kualitas udara di Ibu Kota yang buruk.

"Kami sebagai DPRD akan bicara dengan Pak Gubernur untuk mengambil langkah dan sikap. Kalau memang mereka tidak mau mengambil langkah dan sikap, kami yang mengambil sikap. Saya akan mem-WFH-kan teman-teman karyawan," ujar Prasetyo di Gedung DPRD, Rabu (16/8/2023).

Baca Juga: Koalisi Ibu Kota: Pj Giveaway Bukan Avatar Tiup Udara Polusi Hilang

1. Imbauan WFH 75 persen bagi swasta selama KTT ASEAN

Polusi Udara, Ketua DPRD DKI Dukung WFH Pegawai Pemprov 3 Bulan Ilustrasi (IDN Times/Rochmanudin)

Khusus selama penyelenggaraan KTT ASEAN yang mulai digelar 5 sampai 7 September 2023, Prasetyo mengimbau agar menerapkan WFH sebanyak 75 persen, baik pemerintah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta maupun perusahan swasta.

"Imbauan WFH 75 persen untuk seluruh instansi itu baik pemerintah maupun swasta antara 4 sampai 7 (September), karena itu ada acara KTT ASEAN, itu totally libur di Jakarta," katanya.

2. Pabrik di kota tetangga berdampak pada Jakarta

Polusi Udara, Ketua DPRD DKI Dukung WFH Pegawai Pemprov 3 Bulan Ilustrasi industri pabrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Prasetyo mengatakan jika WFH membuat kondisi Jakarta semakin membaik, maka akan mengambil langkah selanjutnya. Terkait pengawasan, Prasetyo akan memantau dari sisi eksekutif, minimal dengan mengurangi pemakaian mobil pribadi dan beralih ke transportasi umum.

"Mudah-mudahan secepatnya kalau ini semua pabrik atau penyangga Jakarta punya pabrik yang baik dan dia kerja, bisa mengatur dengan baik, saya rasa ini akan berkurang jauh, karena bukan apa-apa, dampaknya akhirnya lari ke Jakarta" katanya.

"Jakarta itu sebagai kota kayak di bawah gini asapnya ke mana-mana, banyak sekali pencakar langit gedung-gedungnya, kita harus hargai itu juga semuanya. Sementara langkah kita itu dulu," imbuh Prasetyo.

Baca Juga: Polusi Udara Buruk, Heru Budi Terapkan WFH bagi PNS Pemprov DKI

3. Heru akan terapkan WFH sambut KTT ASEAN

Polusi Udara, Ketua DPRD DKI Dukung WFH Pegawai Pemprov 3 Bulan Presiden Jokowi hadir di acara KTT ASEAN dan Republk Korea (RoK) ke-23 di Kamboja (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (work from home/WFH) kapasitas 50 persen bagi aparatur sipil negara (ASN), dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai 28 Agustus hingga 7 September 2023.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut kebijakan WFH dan PJJ tersebut, seiring dengan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN.

"Khusus KTT kita mulai, kalau DKI saya minta Pak Sekda mulai uji coba di 28 Agustus masuk (WFH dan WFO) yaitu 50-50 persen," kata Heru di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, dikutip dari ANTARA, Selasa (15/8/2023).

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya