PAN Gembira NasDem-PKB Merapat ke Prabowo: Posisi Pemerintah Kian Kuat

NasDem dan PKB menyatakan siap gabung koalisi Prabowo

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga menanggapi keputusan Partai NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang merapat ke koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran.

Viva mengatakan, PAN tidak masalah kedua partai di Koalisi Perubahan itu akhirnya merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM). PAN justru senang bila ada partai politik (parpol) pendukung Anies-Muhaimin (AMIN) dan Ganjar-Mahfud yang mau bergabung ke pemerintahan Prabowo-Gibran.

Merapatnya parpol di koalisi Anies-Ganjar tersebut, menurut Viva bisa memperkuat posisi pemerintahan yang akan datang, khususnya di DPR RI. Sebab kata dia, Prabowo membutuhkan angka mayoritas supaya program kerja yang akan dijalankan bisa berjalan mulus.

“PAN senang dan bergembira jika ada parpol pendukung 01 dan 03 bergabung mendukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk memperkuat posisi politik pemerintah di parlemen,” kata Viva kepada IDN Times saat dihubungi, Jumat (26/4/2024).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Perkirakan PDIP Bakal di Luar Pemerintahan Prabowo

1. Pemerintahan Prabowo dinilai akan berjalan efektif

PAN Gembira NasDem-PKB Merapat ke Prabowo: Posisi Pemerintah Kian KuatViva Yoga (YouTube/IDN Times)

Menurut dia, pemerintahan periode berikut bakal berjalan efektif jika banyak partai politik yang bergabung. Harapannya, program kerja yang akan dijalankan pemerintah bisa berjalan lancar demi kesejahteraan rakyat.

“Kalau program lancar, maka rakyat akan lebih sejahtera dan target pemerintah bisa bekerja dengan baik dan benar,” tuturnya.

Baca Juga: Surya Paloh Tegaskan Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

2. NasDem resmi merapat ke Prabowo

PAN Gembira NasDem-PKB Merapat ke Prabowo: Posisi Pemerintah Kian KuatKonferensi pers Surya Paloh bersama Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan (25/4/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Partai NasDem akan mendukung pemerintahan baru yang dipimpin presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Umum NasDem Surya Paloh menegaskan partainya siap bergabung ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Saya katakan NasDem hari ini menyatakan kembali menegaskan, mendukung pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran," kata Surya Paloh.

Paloh membeberkan sejumlah alasan mengapa partainya mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran. Padahal, NasDem tergabung dalam Koalisi Perubahan yang mendukung paslon nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024.

Dia menilai, Indonesia sebagai negara besar harus tetap mampu menjaga proses perjalanan kehidupan kebangsaan sebagaimana yang diamanahkan para pendiri bangsa.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara dengan potensi sumber daya alam yang sangat besar. Sementara kondisi dunia saat ini dipenuhi dengan ketidakpastian.

Oleh sebab itu, dia menilai, seluruh elemen bangsa harus melakukan rekonsiliasi sebagai wujud semangat persatuan menghadapi tantangan global.

"Memang ada opsi karena dasar bukan saya yang meminta, tapi kesempatan, dorongan, keinginan, spirit mengajak, untuk bersama dengan pemerintahan saya pikir itu lebih baik. Itu lah pilihan saya, pilihan NasDem,” ujar dia.

“Beroposisi bisa setiap saat, tapi bekerja membantu pemerintahan itu dibutuhkan juga suatu semangat, suatu spirit, dan keikhlasan hati yang mengedepankan objektivitas yang tetap menjaga nalar dan daya kritis," imbuhnya.

Baca Juga: Prabowo dan Cak Imin Bertemu, Bahas Jatah Kursi Menteri PKB?

3. Cak Imin pastikan PKB gabung koalisi Prabowo

PAN Gembira NasDem-PKB Merapat ke Prabowo: Posisi Pemerintah Kian KuatKetua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menerima Presiden Terpilih Prabowo Subianto di DPP PKB. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan, PKB ingin terus bekerja sama dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Cak Imin menyatakan, PKB juga menyodorkan delapan agenda perubahan kepada Prabowo untuk diperjuangkan pada pemerintahan akan datang. Kendati, Cak Imin belum memerinci secara detail agenda perubahan yang disodorkan ke Prabowo.

“PKB juga menyampaikan kepada Pak Prabowo sebagai presiden terpilih, 8 agenda perubahan PKB, di mana 8 agenda PKB diserahkan kepada 08, kira-kira begitu untuk menjadi bahan perjuangan sekaligus agenda secara khusus bagi pemerintahan Pak Prabowo di masa yang akan datang," kata Cak Imin.

Menurut Cak Imin, PKB dan Gerindra merupakan partai yang selama ini telah bekerja sama dengan baik, baik di parlemen maupun eksekutif.

Oleh sebab itu, ia ingin PKB dan Gerindra terus berkerja sama lebih produktif lagi di masa yang akan datang. Terlebih, sebagai presiden terpilih Prabowo akan menghadapi berbagai agenda pembangunan yang begitu menantang.

Karena itu, bagi kepentingan tersebut, maka kesuksesan pembangunan adalah kesuksesan yang diharapkan seluruh rakyat.

"PKB ingin rakyat tersenyum bahagia ke depan karena kemajuan dan kemakmuran," ujarnya.

Terakhir, Cak Imin menegaskan, PKB dan Gerindra bisa terus menjalani kerja sama di berbagai bidang dalam ikhtiar untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

"Kita berharap PKB dan Gerindra terus menjalin kerja sama lewat berbagai bidang legislatif maupun di berbagai ikhtiar mewujudkan suksesnya, menuju masyarakat adil dan makmur," ucapnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya