Pasutri Copet Ponsel di PRJ Telah Ditetapkan Jadi Tersangka

Pasangan suami istri itu kini sedang ditahan

Jakarta, IDN Times - Polisi menetapkan pasangan suami istri bernama Edi Ismanto dan Caswati binti Jasmin, pelaku pencopetan ponsel di Pekan Raya Jakarta (PRJ) sebagai tersangka.

Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Hady Siagian Sapitra mengatakan kedua pelaku saat ini telah ditahan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Adapun peristiwa itu terjadi pada Jumat (23/6/2023) sekitar pukul 19.29 WIB. Saat melakukan aksinya, pasutri itu pun sempat tertangkap tangan. Aksi pencopetan itu juga sempat viral di media sosial.

“Sudah dari hari pertama kita tangkap sudah jadi tersangka,” kata dia saat dihubungi, Senin (26/6/2023).

1. Pelaku copet lima ponsel dalam sehari

Pasutri Copet Ponsel di PRJ Telah Ditetapkan Jadi TersangkaSuasana Pekan Raya Jakarta 2022 (IDN Times/Aryodamar)

Hady mengatakan pelaku mencopet lima ponsel jenis android dalam satu hari. Berdasarkan pengakuannya, saat melakukan aksinya pelaku hanya mencopet ponsel.

Kendati demikian, Hady mengatakan Satreskrim Polres Metro Jakarta Pusat terus melakukan pengembangan.

“Pengakuannya cuma hp tapi kita kembangkan lagi. Mana tahu ada selain hp,” kata dia.

Baca Juga: Viral Pria Ini Keluarkan Emas 7 Kg di PRJ, Hadiah Aslinya Berapa?

2. Pelaku mencopet karena terdesak ekonomi

Pasutri Copet Ponsel di PRJ Telah Ditetapkan Jadi TersangkaSuasana Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Lebih lanjut, Hady mengatakan pelaku melakukan aksinya itu karena untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

“Pengakuan karena menghidupi kehidupan sehari-hari,” kata dia.

3. Polisi imbau pengunjung lebih hati-hati

Pasutri Copet Ponsel di PRJ Telah Ditetapkan Jadi TersangkaSuasana Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Atas peristiwa ini, Hady mengimbau agar para pengunjung yang akan mengunjungi Pekan Raya Jakarta untuk lebih waspada dan menjaga barang-barang berharganya.

“Agar lebih hati-hati lagi terutama pada saat kerumunan barang penting kalau bisa posisinya ada di depan kita. Di pegang di tas ditaro di depan,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo membuka langsung Pekan Raya Jakarta yang akan berlangsung pada Rabu (14/6/2023) hingga Minggu (16/7/2023).

Acara untuk menyambut HUT Jakarta kali ini mengusung tema 'Bersatulah Indonesia Mendukung Perdagangan Dalam Negeri dan Ekspor ke Pasar Dunia'.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada malam ini, secara resmi saya membuka Jakarta Fair 2023," kata Jokowi.

Jokowi mengapresiasi konsistensi Jakarta Fair dalam beberapa tahun terakhir.  Dia mengatakan pada pelaksanaan tahun 2022, Jakarta Fair berhasil dikunjungi 6,9 juta pengunjung dengan transaksi senilai Rp7,3 triliun.

"Tahun lalu, Jakarta Fair dikunjungi oleh 6,9 juta pengunjung dengan transaksi Rp7,3 triliun. Ini jumlah yang tidak kecil," ujar Jokowi.

Baca Juga: Kerak Telor dan Toge Goreng Jadi Incaran Pengunjung PRJ 2023

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya