Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Lepas 284 Bus Mudik Gratis

Ada 13000 warga yang diberangkatkan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hari ini melepas peserta mudik gratis pada Lebaran 2023 di Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan hari ini ada 284 bus yang diberangkatkan, dengan total peserta mencapai 13.000 warga.

Mereka akan diberangkatkan menuju 19 kabupaten/kota di enam provinsi di Indonesia.

“Saya ucapkan selamat jalan, selamat kembali ke kampung halaman bagi warga yang hari ini mudik ke kampung halaman masing-masing,” katanya saat ditemui IDN Times, seusai melepas mudik gratis di Monas, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

1. Warga diimbau bersabar hadapi kemacetan

Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Lepas 284 Bus Mudik GratisPj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat melepas para pemudik gratis di Monas Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Heru mengimbau warga supaya tetap sabar saat menuju ke kampung halaman jika nanti di dalam perjalanannya mengalami kemacetan.

“Semoga bapak ibu bisa merayakan Idulfitri di kampung masing-masing,” ujar dia.

Baca Juga: Jalur Pansela Melewati Kota Mana Saja? Ini Daftarnya

2. Animo masyarakat untuk mudik tinggi

Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Lepas 284 Bus Mudik GratisPelepasan mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta, dari Monas menuju ke 19 kota tujuan kabupaten/kota di 6 provinsi di Indonesia pada momentum lebaran Idulfitri 2023. (IDN Times/Amir Faisol)

Kepala Dinas Perhubungan  DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan animo masyarakat untuk mengikuti program mudik gratis tahun ini sangat tinggi.

Berdasarkan hasil klarifikasi dan verifikasi pendaftar yang masuk dalam pendaftaran mudik gratis Pemprov DKI Jakarta ada sebanyak 28.506 pendaftar yang masuk.

Karena itu pohaknya melakukan verifikasi ulang karena target yang ditetapkan hanya untuk 19.280 warga.

“Namun animo masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi dari hasil verifikasi terdapat 24.164 penumpang yang akan mudik atau meningkat 25,3 persen dari target,” kata dia.

3. Seluruh sopir dipastikan layak berkendara

Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Lepas 284 Bus Mudik GratisPelepasan mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta, dari Monas menuju ke 19 kota tujuan kabupaten/kota di 6 provinsi di Indonesia pada momentum lebaran Idulfitri 2023. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto memastikan bahwa seluruh sopir bus yang akan berangkat hari ini sudah memenuhi syarat untuk menjalankan kendaraannya.

Seluruh pengemudi bus sudah dilakukan pengecekan kesehatan mulai dari gula darah, kolestrol, dan alkohol.

“Pemprov DKI sudah sangat bagus karena dicek dulu kadar kesadarannya, mulai alkohol, kadar gula. Kalau kadar gula tinggi harus ada sopir cadangan,” ujar dia.

Baca Juga: Awas! 5 Hal di Jalur Pansela Ini Bisa Bikin Celaka 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya