Polisi Periksa Mentan Syahrul dan Ajudan Terkait Kasus Pemerasan KPK

Saat ini Syahrul Yasin tersandung kasus korupsi

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya telah memeriksa enam saksi untuk mendalami kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian tahun 2021.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, dari menyampaikan enam orang itu salah satunya adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kelima orang lainnya yang turut diperiksa terdiri dari sopir dan para ajudan Syahrul Yasin Limpo.

“Kami minta keterangan maupun klarifkasinya, salah satunya Mentan (Syahrul Yasin Limpo). 5 orang lainnya driver maupun ADC beliau,” kata dia dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Kamis (5/10/2023).

Lebih lanjut, Ade menjelaskan, penyelidikan kasus ini dimulai dari adanya pengaduan masyarakat.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menerima pengaduan masyarakat pada Sabtu (12/8/2023), terkait pemerasan yang dilakukan oleh Pimpinan KPK RI saat mengusut dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Tiga hari kemudian, pihaknya langsung menerbitkan surat perintah pulbaket sebagai dasar pengumpulan bahan keterangan atas informasi tersebut.

Selanjutnya, pada 21 agustus 2023, pihaknya menerbitkan surat perintah penyelidikan. Kemudian, tim penyelidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melakukan investigasi untuk menemukan apakah ada peristiwa pidana dari laporan. 

Sebagai informasi, Syahrul Yasin Limpo saat ini telah mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pertanian, setelah terjerat kasus dugaan korupsi. Alasannya mengundurkan diri adalah untuk fokus pada proses hukum. 

Baca Juga: Pulang dari Eropa Langsung Diperiksa, Syahrul Limpo: Capek Banget!

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya