Jokowi Pimpin Puncak HUT TNI ke-78 di Monas

TNI bakal memamerkan 130 alutsista

Jakarta, IDN Times - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar puncak HUT ke-78 pada Kamis (5/10/2023) di Monas, Jakarta Pusat. Upacara peringatan HUT ke-78 itu dipimpin langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo mulai pukul 08.00 WIB.

TNI telah menggelar gladi bersih di Monas dengan mengerahkan ratusan alutsista dan demo udara. Rencananya, TNI akan membuat HUT ke-78 meriah lantaran selama dua kali peringatan HUT TNI terbentur protokol kesehatan akibat pandemik COVID-19. 

Ketua Panitia Puncak HUT ke-78 TNI, Asisten Personel Panglima TNI, Marsekal Madya Arif Widianto, mengatakan tema yang diangkat tahun ini yaitu TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Indonesia Maju.

"Setidaknya, ada 4.630 prajurit TNI dan 130 alutsista dari tiga matra yang terlibat dalam upacara parade dan defile HUT ke-78 TNI," kata Arif di Monas pada Selasa (3/10/2023) ketika melakukan gladibersih.

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono juga turun langsung untuk memberikan instruksi langsung kepada pada prajurit. Ia turut didampingi tiga kepala staf.

1. 91 pesawat dari tiga matra akan ikut ditampilkan

Jokowi Pimpin Puncak HUT TNI ke-78 di MonasSituasi gladi bersih TNI di Monas, Jakarta Pusat pada 3 Oktober 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Marsda Arif mengatakan akan ada 91 pesawat dari tiga matra yang ikut tampil. Dia menjelaskan di dalam upacara, juga bakal ditampilkan atraksi udara. Atraksi dimulai dari terjun payung dari 78 prajurit TNI dan anggota Polri.

"Ini melambangkan hari ulang tahun ke-78 TNI yang terdiri dari TNI dan Polri. Kemudian (atraksi udara) dilanjutkan dengan fly past pesawat. Pertama, aksi fly past dari Giant Flight yang terdiri atas helikopter yang membawa bendera raksasa," kata Arif. 

Lalu, aksi fly past gabungan darat, laut, dan udara, turut menyusul. Mereka melakukan aksi fly past dari berbagai tipe pesawat yang dimiliki oleh TNI. 

"Kemudian dilaksanakan (atraksi) aerobatic team, Jupiter dan Pegasus Team yang melaksanakan demo bersamaan," tutur dia lagi.

Baca Juga: 130 Alutsista Dipamerkan saat Gladibersih HUT ke-78 TNI di Monas

2. Pesawat Super Hercules baru juga bakal tampil

Jokowi Pimpin Puncak HUT TNI ke-78 di MonasBatch pertama C-130J Super Hercules tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada Senin, 6 Maret 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Selain team dari aerobatik jupiter, atraksi udara juga bakal menampilkan tiga alutsista baru TNI Angkatan Udara (AU) yakni Super Hercules C-130 J. Kemudian, ditampilkan pula atraksi penerbang Dynamic Pegasus terbang rendah mengelilingi Monas mengikuti irama lagu yang dimainkan oleh kelompok pemusik di atas panggung.

3. TNI berencana memecahkan rekor MURI di HUT ke-78

Jokowi Pimpin Puncak HUT TNI ke-78 di MonasSenjata yang akan digunakan prajurit TNI di HUT ke-78 di Monas. (IDN Times/Santi Dewi)

Rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI juga menampilkan kolose senapan yaitu atraksi menggunakan senapan laras panjang dari 678 prajurit. Marsda Arif menyebut atraksi itu istimewa karena menjadi ajang pemecahan rekor MURI di HUT ke-78 TNI. 

Selain itu, nantinya Presiden Jokowi dan tamu undangan bakal disuguhkan parade lebih dari 100 alutsista TNI. Rencananya alutsista TNI itu juga akan ditunjukkan di sepanjang Bunderan Hotel Indonesia (HI) agar bisa disaksikan oleh masyarakat luas.

Baca Juga: KSAL: Indonesia Idealnya Punya 12 Kapal Selam, Tapi Baru Ada 4 Unit

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya