Profil Indra Charismiadji, Jubir Timnas AMIN yang Terjerat Kasus Pajak

Banyak punya pengalaman di bidang pendidikan

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Indra Charismiadji ditahan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur terkait kasus dugaan penggelapan pajak. 

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur Irwan menegaskan, pihaknya hanya menerima pelimpahan tahap dua kasus Indra Charismiadji. Imran menyebut Penangkapan Indra dilakukan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

“Kami menerima pelimpahan tahap dua dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta,” kata Imran kepada IDN Times, saat dihubungi, Rabu (27/12/2023) malam. 

Diketahui, Indra Charismiadji bergabung sebagai salah satu juru bicara Timnas AMIN. Indra banyak memberikan kritik kepada pemerintah khususnya terkait sektor pendidikan. Selain menjadi Jubir Timnas AMIN, Indra maju pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Berikut profil lengkap Indra Charismiadji dirangkum dari laman resminya: 

Baca Juga: Soal Penahanan Indra Charismiadji, Anies Berharap Tak Ada Tujuan Lain

1. Indra Charismiadji lahir dari keluarga pendidik

Profil Indra Charismiadji, Jubir Timnas AMIN yang Terjerat Kasus PajakJubir Anies Muhaimin dan pemerhati pendidikan Indra Charismiadji di Jakarta. (ANTARA FOTO/Indriani)

Dalam website resminya, Indra mengaku berasal dari keluarga pendidik. Salah satu yang membuat dirinya terjun total di dunia pendidikan, karena keluarganya memiliki latar belakang pendidik.

Pria kelahiran Bandung, 9 Maret 1976, menyelesaikan studi S1 dari The University of Toledo, negara bagian Ohio, Amerika Serikat. Ia meraih gelar ganda di bidang keuangan dan pemasaran.

Indra kemudian melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di Dana University, Ottawa Lake, negara bagian Michigan, Amerika Serikat.

Baca Juga: Timnas AMIN Pertanyakan Penahanan Indra Charismiadji

2. Indra Charismiadji berkarir di perusahaan swasta

Profil Indra Charismiadji, Jubir Timnas AMIN yang Terjerat Kasus PajakJubir Timnas AMIN Indra Charismiadji ditahan Kejari Jaktim terkait kasus dugaan penggelapan pajak. (dok. Istimewa)

Indra sempat bekerja di beberapa perusahaan tingkat dunia di Amerika Serikat seperti Merril Lynch, Omnicare, dan Dana Corporation, pada 2002. 

Setelah itu, Indra memutuskan kembali ke Tanah Air dan memilih berperan aktif dalam mengembangkan mutu pendidikan di Indonesia.

Kiprahnya di Indonesia dimulai dengan memperkenalkan Computer-Assisted Language Learning (CALL) atau pemelajaran bahasa dengan bantuan komputer untuk pertama kalinya di berbagai lembaga pendidikan.

Setelah sukses mengimplementasikan CALL di ribuan institusi pendidikan, kepakaran Indra Charismiadji dalam bidang teknologi pendidikan dan pembelajaran abad 21 sering dijadikan acuan oleh sejumlah pemangku kepentingan.

Sepak terjang Indra dalam membangun pendidikan Indonesia membuahkan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia” dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) pada 2018. Pada 2019, Indra kemudian mendirikan Center for Education Regulations and Development Analysis (CERDAS). 

Baca Juga: Jubir Sri Mulyani: Kasus Indra Charismiadji Tak Terkait Politik

3. Indra aktif di bidang organisasi

Profil Indra Charismiadji, Jubir Timnas AMIN yang Terjerat Kasus PajakJuru bicara tim pemenangan Anies-Muhaimin, Indra Charismiadji ketika berbicara di program Gen Z Memilih. (Tangkapan layar YouTube IDN Times)

Dalam bidang organisasi, Indra juga berperan aktif sebagai Direktur Utusan Khusus Pendidikan Vox Populi Institute Indonesia, Ketua Dewan Pembina di Perkumpulan Sekolah Digital Indonesia, Ketua Dewan Pembina di Harmoni Pendidik Pengajar Indonesia (HIPPER 4.0). 

Termasuk, Ketua Dewan Pembina di Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO), Dewan Pembina Ikatan Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi PGRI (IGTIK PGRI), anggota kehormatan dari Asia Pacific Association for Computer-Assisted Language Learning (APACALL). 

Indra juga menjadi anggota dari International Society for Technology in Education (STIE), dan anggota dari Computer Science Teachers Association (CSTA).

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya