Comscore Tracker

Profil SMAN 78 Jakarta: Sekolah Melek Teknologi, Langganan Juara Debat

Pemilihan OSIS menggunakan E-Voting

Jakarta, IDN Times - SMAN 78 Jakarta menjadi sekolah terbaik kedua di Jakarta Barat setelah SMAN 2 Jakarta dalam Index Top 1000 sekolah versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan rerata sebanyak 607,431.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Zainuddin mengatakan SMAN 78 sempat menjadi salah satu sekolah unggulan di Jakarta Barat sebelum program ini dihapus oleh pemerintah.

Zainuddin mengatakan total jumlah siswa di sekolah ini mencapai 1.222 dengan masing-masing angkatan mencapai 396 siswa.

“Dulu sekolah unggulan tapi sekarang sudah dihilangkan oleh pemerintah karena pada dasarnya semua sekolah unggul, sehingga orang-orang tidak berebut,” katanya kepada IDN Times saat ditemui di kantornya.

1. Sekolah yang melek teknologi

Profil SMAN 78 Jakarta: Sekolah Melek Teknologi, Langganan Juara DebatSMAN 78 Jakarta (IDN Times/Amir Faisol)

Sekolah ini telah menerapkan sistem informasi dan teknologi dengan baik. Salah satu contohnya menurut Zainuddin adalah pemilihan OSIS yang telah menggunakan e-voting.

Program ini kata dia telah berlangsung sejak 2019 lalu. Salah satu alasan sekolah menginisiasi pemanfaatan teknologi ini adalah untuk menghindari kecurangan dalam sistem pemilihan ketua OSIS.

Menurutnya, program ini sangat cocok bagi generasi sekarang yang sudah sangat melek terhadap perkembangan teknologi. Siswa juga sangat antusias dalam penggunaan teknologi dan informasi yang telah dirancang oleh pihak sekolah.

“Jadi dibuat sedemikian rupa sehingga e-voting bisa berlangsung, tidak ada kecurangan karena terdeteksi. Jadi sudah dibuat sistem sedemikian rupa oleh tim IT dan sudah berjalan sejak 2019,” kata dia.

Baca Juga: Profil SMA Kolese Kanisius, Sekolah Terbaik di Jakarta Pusat

2. Siswa aktif mengikuti lomba di kampus-kampus

Profil SMAN 78 Jakarta: Sekolah Melek Teknologi, Langganan Juara DebatSMAN 78 Jakarta (IDN Times/Amir Faisol)

Selain itu, Zainudin mengatakan sekolah juga mendorong seluruh siswa untuk aktif mengikuti kegiatan lomba di luar sejumlah perguruan tinggi untuk mengasah kemampuan mereka di bidang akademik.

Menurut dia, siswa SMAN 78 Jakarta cukup mendominasi kegiatan lomba yang diadakan oleh sejumlah universitas. Salah satu yang terbaru adalah SMAN 78 Jakarta berhasil keluar sebagai juara terbaik.

“Memang kalau lomba-lomba lain seperti lomba debat kita masih mendominasi yang diadakan kampus-kampus anak-anak dapat (juara),” tutur dia.

3. Banyak siswa yang diterima di universitas favorit di Indonesia

Profil SMAN 78 Jakarta: Sekolah Melek Teknologi, Langganan Juara DebatSMAN 78 Jakarta (IDN Times/Amir Faisol)

Adapun terkait minat siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi di SMAN 78 Jakarta masih cukup baik. Zainuddin mengatakan sebelum penerapan PPDB Zonasi, sebanyak 90 persen siswa yang lulus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Menurut dia banyak siswa di SMAN 78 Jakarta yang lolos di perguruan tinggi favorit di Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institusi Pertanian Bogor (IPB).  Selain itu, ada juga siswa yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri seperti Jepang dan Jerman.

Namun demikian, setelah adanya penerapan PPDB Zonasi ini, dia mengatakan ada beberapa siswa yang belum bisa melanjutkan ke perguruan tinggi karena terkendala faktor ekonomi.

Meski begitu, pihak sekolah masih mengupayakan supaya para siswa tetap melanjutkan ke perguruan tinggi mengingat saat ini ada sejumlah beasiswa yang telah disediakan oleh pemerintah baik pemerintah pusat ataupun daerah.

“Kalau dulu siswa SMAN 78 90 persen kuliah. Kalau sekarang ada yang kuliah, ada yang sekolah kedinasan. Tapi sekarang ada juga yang tidak mau kuliah karena faktor ekonomi,” ucapnya.

“Makanya pemerintah pusat dan Pemprov DKI memberikan KJP. Kita terus memberikan dukungan supaya siswa mau melanjutkan ke perguruan tinggi,” sambungnya.

Baca Juga: Profil SMAK 5 Penabur, Punya Ekstrakurikuler untuk Content Creator

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya