Puan dan Cak Imin Absen Pembukaan Masa Sidang DPR

Sufmi Dasco pimpin rapat dan layangkan pidato

Jakarta, IDN Times - DPR RI menggelar rapat paripurna pembukaan masa persidangan IV tahun sidang 2023-2024 setelah Anggota Dewan menjalani masa reses selama serangkaian pemilihan umum (pemilu) 2024. Rapat paripurna digelar di Gedung Nusantara II MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Ada dua agenda rapat paripurna hari ini yaitu penyampaian pidato Ketua DPR RI, Puan Maharani, dan Pelantikan Pengganti Antarwaktu (PAW) Anggota DPR RI dan Anggota MPR RI Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Namun, pada rapat paripurna kali ini, Puan absen bersama dengan Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Alhasil,  rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. Dia juga akan melayangkan pidato, untuk menggantikan Puan. Rapat juga dihadiri oleh dua Wakil Ketua DPR RI lainnya, Rahmat Gobel dan Lodewijk F Paulus.

Dasco mengatakan sidang paripurna paripurna hari ini telah mencapai kuorum karena berdasarkan catatan Sekretaris Jenderal DPR RI sebanyak 164 anggota hadir dan 126 izin.

"Menurut catatan dari Sekretariat Jenderal DPR RI, daftar hadir pada permulaan rapat paripurna DPR RI hari ini telah ditandatangani oleh hadir 164 orang dan izin 126 orang, sehingga total 290 orang dari 575 anggota DPR RI. Dengan demikian kuorum telah tercapai," ujar Dasco.

Baca Juga: DPR Mulai Masa Sidang Hari Ini, Pembuktian Keseriusan Hak Angket

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya