TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

313 Wilayah Masuk Zona Oranye COVID-19, Zona Merah Sisa 10 

Tercatat 8 wilayah berstatus zona hijau

Petugas tenaga kesehatan melakukan tes usap antigen COVID-19 secara acak kepada pekerja dan pengunjung salah satu bar dan kafe di Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/3/2021) (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Jakarta, IDN Times – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kabupaten/kota di Indonesia mayoritas berada di zona oranye atau risiko sedang. Hal itu terlihat dari 313 kabupaten/kota yang berstatus zona oranye.

“Selanjutnya kabupaten/kota yang paling banyak berada di zona kuning (risiko rendah) yaitu sebanyak 100 kabupaten/kota,” jelasnya dalam konferensi pers yang disiarkan langsung YouTube Sekretariat Presiden hari ini, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga: Sempat Masuk Zona Merah, 34 Wilayah Ini Berubah Jadi Zona Oranye

1. Hanya ada 10 kabupaten/kota berstatus zona merah

Ilustrasi Swab Test. (ANTARAFOTO/Basri Marzuki)

Wiku menjelaskan, jumlah kabupaten/kota yang berstatus zona merah semakin menurun. Misalnya saja pada minggu ini hanya tersisa 10 wilayah.

“Namun sayangnya, jumlah kabupaten/kota di zona hijau terus menunjukkan penurunan juga, menjadi delapan kabupaten kota,” katanya.

2. Wiku minta pemda wilayah zona oranye untuk menelaah sistem penanganan COVID-19

Ilustrasi PPKM. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Selanjutnya, Wiku menyampaikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang sudah berhasil keluar dari zona merah. Namun, ia mohon kepada pemerintah daerah kabupaten/kota yang masih berada di zona oranye untuk segera menelaah penanganan COVID-19 di wilayah masing-masing.

“Mohon untuk sinkronisasikan penanganan kepada posko di masing-masing desa atau kelurahan, sehingga dapat sejalan dengan upaya penanganan hingga tingkat terkecil,” katanya.

Baca Juga: 62 Daerah Masuk Zona Merah, Bekasi dan Karawang Turun Jadi Zona Oranye

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya