TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jatim dan Jakarta, 2 Daerah dengan Kasus COVID-19 Terbanyak Hari Ini

Kasus virus corona di Jatim naik 199 kasus, di Jakarta 101

Ketua Gugus Tugas Kuratif Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Senin (11/5). Dok istimewa

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19 Achmad Yurianto melaporkan, Jawa Timur menjadi provinsi dengan penambahan kasus terbanyak hari ini, Sabtu (30/5). Jawa Timur mengalami kenaikan kasus positif COVID-19 sebanyak 199 kasus.

"Kalau kita lihat ada lima provinsi yang masih memiliki kasus positif yang cukup tinggi ditemukan hari ini, di antarnya adalah Jawa Timur yang kalau kita bandingkan dengan data kemarin agak cenderung naik," ujar Yuri dalam keterangan per yang disiarkan langsung dari channel YouTube BNPB Indonesia, Sabtu.

Baca Juga: Data Lengkap Virus Corona di Indonesia Per Sabtu 30 Mei 2020

1. Jakarta jadi provinsi ke dua dengan penambahan kasus terbanyak, bertambah 101 kasus

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pemantauan akses masuk ke Jakarta (Dok. Humas DKI Jakarta)

Yuri juga melaporkan, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan penambahan kasus positif terbanyak ke dua pada rekapitulasi hari ini. Kasus virus corona di DKI Jakarta naik 101 orang.

Namun, Yuri mengatakan, penambahan kasus di wilayah Ibu Kota sebagian besar berasal dari pekerja migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Tanah Air.

"Namun khusus DKI ini tidak seluruhnya berasal dari wilayah administrasi DKI, karena kita tahu bersama sebagian besar saudara-saudara kita yang bekerja di luar negeri dan kembali ke Tanah Air masuknya lewat Bandara Soekarno-Hatta, sudah menjadi ketentuan pemerintah mereka harus diperiksa dan beberapa di antaranya positif COVID-19," ujarnya. 

2. Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, dan Jawa Barat termasuk provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Pada posisi ke tiga, Sulawesi Selatan mengalami kenaikan kasus sebanyak 42 kasus. Selain itu, Kalimantan Tengah juga memiliki penambahan kasus terbanyak yakni 31 kasus, dan Jawa Barat menyusul dengan 20 kasus.

"Di Sulawesi Selatan masih ada kenaikan dibanding hari kemarin, Kalimantan Tengah juga demikian. Jawa Barat meskipun angkanya masih tinggi, tapi dibandingkan dengan data kemarin, cenderung turun," ujarnya.

Baca Juga: 3 Hari Tak Ada Penambahan Kasus COVID-19 Belum Jadi Garansi Jogja Aman

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya