TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Satu Orang Hilang Akibat Longsor, Warga Sulfat Malang Mengungsi

Kejadian longsor dirasakan seperti gempa kecil  

Warga menunjukkan retakan pada tembok pintu masuk perumahan. IDN Times/Alfi Ramadana

Malang, IDN Times - Peristiwa longsor yang menimpa salah satu rumah di Perumahan Griya Sulfat Inside Kavling 10, Jalan Sadang, RT 9 RW 18, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang membuat warga perumahan tersebut trauma. Salah satunya seperti diungkapkan Prahasta (40) warga perumahan yang sama. Terlebih kejadian longsor tersebut membawa korban yakni Roland Sumarna yang ikut hanyut terbawa air dan saat ini masih dalam pencarian. 

1. Pertama kali terjadi di kawasan tersebut

Warga mengevakuasi barang-barang mereka untuk sementara waktu. IDN Times/Alfi Ramadana

Prahasta menjelaskan bahwa kejadian longsor ini baru pertama kali terjadi di perumahan tersebut sejak tahun 2017. Biasanya meskipun hujan deras tidak pernah terjadi longsoran seperti yang terjadi Senin (18/1/2021) meskipun memang beberapa saluran air yang ada di area perumahan tersebut yang masih perlu perbaikan. Tetapi memang saat kejadian, hujan yang mengguyur sangat deras. 

"Kejadian tersebut cukup cepat sekitar jam 17.30 WIB. Hujan kemarin deras dan tiba-tiba terdengar suara seperti  gemuruh. Terasa seperti gempa kecil saat longsor terjadi," terangnya Selasa (19/1/2021). 

2. Istri korban berlari keluar rumah

Warga melakukan evakuasi barang miliknya untuk sementara waktu usai longsor di dekat rumah mereka. IDN Times/Alfi Ramadana

Prahasta menambahkan bahwa setelah kejadian tersebut istri korban Roland Sumarna langsung keluar berlari ke arah atas perumahan sambil menangis. Sontak saja hal tersebut membuat warga perumahan lain terkejut dan langsung berupaya membantu istri korban sambil menanyakan apa yang terjadi. Sang istri menyampaikan bahwa suaminya hanyut terbawa air saat berusaha menyelamatkan motor yang terbawa arus.

"Mereka ini pasangan yang baru menikah satu bulan. Kemarin saat kejadian memang sedang ada tamu di rumahnya," tambahnya. 

Baca Juga: Hujan Deras, Tebing di Kawasan Payung Kota Batu Longsor

3. Pilih mengungsi sementara 

Warga melakukan evakuasi barang usai insiden longsor menimpa satu rumah. IDN Times/Alfi Ramadana

Prahasta menjelaskan bahwa pihak pengembang perumahan tersebut sudah datang ke lokasi kejadian pada malam hari setelah longsor. Tetapi hari ini pengembang tersebut tak bisa ditemui. Sebagai antisipasi warga disekitar lokasi memilih untuk mengungsi. Termasuk dirinya yang memilih mengungsi sementara ke rumah orang tuanya di kawasan Sawojajar, Kota Malang. 

"Sementara ini semua penghuni sementara mengungsi. Ada yang ditampung di rumah pak RT. Kalau saya pulang ke rumah orang tua di Sawojajar," sambungnya. 

Baca Juga: Longsor di Perumahan Kota Malang, Satu Orang Dinyatakan Hilang   

Verified Writer

Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya