TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tutup Rakornas PDIP, Megawati Imbau Kader untuk Peduli Bencana Alam

Rakornas tersebut melahirkan dua kategori rekomendasi

IDN Times/Amelinda Zaneta

Jakarta, IDN Times - Hari ulang tahun (HUT) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke-46 dirayakan dengan melakukan serangkaian agenda mulai dari flash mob hingga rapat kerja nasional.

Dengan slogan 'Persatuan Indonesia Membumikan Pancasila', acara HUT tersebut berlangsung dengan meriah dihadiri oleh para elite partai seperti Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP (non-aktif) yang juga Menko PMK, Puan Maharani.

Baca Juga: Ketika Jokowi Mendengar Kumandang Azan di Acara HUT PDIP

1. Rakornas melahirkan dua kategori rekomendasi

IDN Times/Amelinda Zaneta

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan bahwa dalam Rakornas tersebut melahirkan dua kategori rekomendasi yaitu internal dan eksternal.

”Melahirkan 13 rekomendasi internal dan 12 rekomendasi eksternal yang kita semua setujui, maka kita harus menjalankan dengan sebaik-sebaiknya," ujarnya di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (11/1).

2. Puan Maharani bacakan 12 rekomendasi eksternal

IDN Times/Amelinda Zaneta

Ketua DPP PDIP (non-aktif) yang juga Menko PMK, Puan Maharani, memaparkan 12 rekomendasi hasil Rakornas tersebut, salah satunya ialah mengenai PDIP akan mengawal pemerintah sesuai aturan yang berlaku

"Rakornas menegaskan PDI Perjuangan akan terus menerus berjuang untuk mengarahkan, mengawal, mengamankan, dan memastikan kebijakan-kebijakan politik yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat agar tetap mengandung satu muatan, satu arah, serta satu haluan ideologi Pancasila sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang sesuai dengan jiwa dan semangat lahirnya tanggal 1 Juni 1945, berpijak pada UUD NRI Tahun 1945 dan haluan politik Trisakti," bunyi rekomendasi nomor satu tersebut.

3. Megawati resmi tutup acara rakornas PDIP

IDN Times/Amelinda Zaneta

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, menutup secara resmi serangkaian acara HUT dan Rakornas partainya itu.

"Dengan mengucapkan alhamdulillah dengan ini HUT PDIP ke-46 dan Rakornas PDIP secara resmi saya tutup,” ujarnya saat pidato penutupan Rakornas tersebut di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (11/1).

4. Megawati bersyukur acara HUT tersebut berjalan lancar

IDN Times/Amelinda Zaneta

Tidak lupa dalam pidatonya, Megawati juga mengucapkan, terima kasih kepada para kadernya yang telah turut serta menyukseskan serangkaian acara HUT ke 46 tersebut.  "Persiapannya baik, jadi saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh ketua (panitia) dan pejabat (partai)," ucapnya. 

5. Megawati instruksikan para kader dapat peduli terhadap bencana alam

IDN Times/Amelinda Zaneta

Selain itu ia mengimbau kepada para kadernya dan para kepala daerah dari partai PDIP untuk lebih peduli terhadap daerahnya masing-masing perihal bencana alam yang akan terjadi. 

"Ketentuannya, bagaimana caranya untuk menyalamatkan warga di daerah yang mengalami bencana," tuturnya. 

"Terutama kepada Gubernur, harus melakukan kerja sama dengan lembaga terkait dan berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui wilayah-wilayah yang memang rawan bencana, seperti sesar Semarang dan sebagainya, mohon diamati dengan baik," kata Megawati. 

Ia berharap dengan kepedulian terhadap bencana tersebut, dapat mengurangi jumlah korban jiwa, "Titik berbahaya harus diawasi dan harus bagaimana upayanya supaya bisa bantu mengurangi korban," pungkasnya.

Baca Juga: Rakornas PDIP Bahas Ancaman Gugatan Berkarya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya