Keputusan Pemerintah Tak Bubarkan Pesantren Al Zaytun Dinilai Tepat

Panji Gumilang diminta tetap ditindak

Jakarta, IDN Times - Pengamat Komunikasi Politik Hendri Satrio menilai keputusan pemerintah tak membubarkan Pondok Pesantren Al Zaytun sebagai keputusan yang tepat.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya pemerintah melalui pernyataan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah pusat tidak akan membubarkan pondok pesantren Al Zaytun dan akan meneruskan proses hukum Panji Gumilang.

1. Sikap pemerintah tak bubarkan Al Zaytun diapresiasi

Keputusan Pemerintah Tak Bubarkan Pesantren Al Zaytun Dinilai TepatPondok Pesantren Al-Zaytun, Kabupaten Indramayu. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Dia juga mengapresiasi sikap berani pemerintah itu di tengah kontroversi pesantren Al Zaytun yang mendapat kecaman masyarakat.

Pria yang akrab dipanggil Hensat itu menuturkan, Al Zaytun sebagai lembaga pendidikan tentu tidak bisa dibubarkan begitu saja, karena ada siswa, guru, dan elemen pendukung lain yang nasibnya harus diperhatikan.

“Tidak membubarkan Al Zaytun saya rasa sebuah keputusan tepat, karena sebagai lembaga pendidikan Al Zaytun tentu ada siswa, guru, dan elemen pendukung lain yang nasibnya harus diperhatikan. Jadi saya setuju sekali dengan Pak Mahfud," kata Hensat dalam keterangannya, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga: Panji Gumilang Tak Sadar Punya 256 Rekening Terkait Al Zaytun

2. Pemerintah didesak tetap tindak Panji Gumilang

Keputusan Pemerintah Tak Bubarkan Pesantren Al Zaytun Dinilai TepatPemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang saat wawancara khusus dengan IDN Times pada Senin (10/7/2023). (IDN Times/Fauzan)

Meski mendukung agar lembaga pendidikan Al Zaytun tidak dibubarkan, namun Hensat mendesak pemerintah agar dugaan tindak pidana yang dilakukan Panji Gumilang untuk dituntaskan.

“Kalau soal Panji Gumilang kan beda ya. Jadi harus dibedakan antara Al Zaytun dengan Panji Gumilang. Nah pemerintah harus bisa tuntaskan tuh kasus hukumnya," ujar Hensat.

3. Pemerintah diminta transparan usut dugaan ada tokoh penting di balik Al Zaytun

Keputusan Pemerintah Tak Bubarkan Pesantren Al Zaytun Dinilai TepatPondok Pesantren Al-Zaytun, Kabupaten Indramayu. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Bukan hanya kasus hukum yang menjerat Panji Gumilang, Hensat juga mendorong agar pemerintah transparan terhadap polemik yang selama ini bergulir di tengah masyarakat terkait pondok pesantren Al Zaytun.

Salah satu yang jadi sorotan ialah terkait dugaan adanya tokoh intelektual hingga pejabat negara di balik keberadaan Al Zaytun.

“Pemerintah harus bisa transparan, dari dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Panji Gumilang, dan tuduhan-tuduhan lainnya sampai isu yang mengatakan dia (Panji Gumilang) punya bekingan dari tokoh tinggi negara. Itu semua harus dibuka sejelas-jelasnya," imbuh dia.

Baca Juga: Kemenko Polhukam Temukan Dugaan TPPU dalam Kisruh Ponpes Al Zaytun

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya