TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Budaya Indonesia Curi Perhatian Pelajar di Lisabon 

Diperkenalkan mulai di sekolah dasar hingga universitas

IDN Times/KBRI Lisabon

Lisabon, IDN Times - Budaya Indonesia berhasil menarik perhatian para pelajar di Lisabon, Portugal. Dalam berbagai kegiatan yang menampilkan budaya Indonesia, selalu tampak antusiasme masyarakat khususnya pelajar di sana. Berikut cuplikan kegiatan-kegiatan yang menampilkan budaya Indonesia, seperti disampaikan Kedutaan Besar RI (KBRI) di Lisabon.

1. Budaya Indonesia meriahkan hari Asia Tenggara di Universitas Lisabon

IDN Times/KBRI Lisabon

Ratusan pelajar hadir dalam kegiatan Semana Cultural Asiática 2019 atau Pekan Budaya Asia yang diselenggarakan oleh Faculdade de Letras, Universidade de Lisboa (Fakultas Seni, Universitas Lisabon) yang digelar pada 18-21 Februari. Dalam kegiatan ini, KBRI Lisabon memberikan penyajian kuliner, penampilan musik dan tari, kelas bahasa Indonesia, promosi beasiswa Indonesia, dan workshop batik.

Pada pembukaan kegiatan, Duta Besar RI Lisabon menyampaikan bahwa kedekatan budaya Portugal dan Indonesia dapat dilihat dari kesamaan kosakata, peninggalan bangunan fisik Portugal di beberapa wilayah di Indonesia, dan kerja sama sister city antara Ourem-Larantuka. Pelaksanaan promosi budaya ini diharapkan dapat meningkatkan citra positif Indonesia di kalangan pelajar Portugal.

2. Berbagai pesona kebudayaan Indonesia ditampilkan di pekan budaya tersebut

IDN Times/KBRI Lisabon

Kuliner khas Indonesia yang disajikan dalam acara itu, antara lain sate ayam, dadar gulung, dan wedang secang. Antusiasme pengunjung atas kuliner Indonesia terlihat dari antrian panjang di depan booth kuliner Indonesia.

Pada penampilan musik dan tari, mahasiswa Portugis dari Universitas Lisabon ikut mempromosikan langsung budaya musik dan tari Indonesia. Setelah melalui proses latihan yang panjang, mahasiswa-mahasiswa tersebut berhasil memikat pengunjung dengan memainkan angklung.

Berbagai lagu khas daerah dibawakan melalui permainan angklung, di antaranya lagu Anging Mammiri dari Sulawesi Selatan dan Tanjung Katung dari Sumatera Utara. Tidak berhenti sampai di sana, mahasiswa juga memainkan lagu daerah Portugis, Malhão-Malhão, untuk memberikan sentuhan angklung pada budaya Portugis.

Mahasiswa Universitas Lisabon kemudian menampilkan tari Nusantara yang merepresentasikan Indonesia dari berbagai suku dan etnis budaya, seperti Gayo Aceh, Betawi Jakarta, Bali, Bugis Sulawesi, Dayak Kalimantan, dan Asmat Papua.

Selain pertunjukan budaya, kegiatan juga diisi dengan kelas bahasa Indonesia, promosi beasiswa Darmasiswa dan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) untuk pelajar Portugal, dan workshop batik yang diberikan oleh salah satu Indonesianis di Portugal, Guida Carvalho.

3. Gamelan Jawa dijadikan media edukasi bagi siswa sekolah dasar di Portugal

IDN Times/KBRI Lisabon

Gamelan Jawa telah memukau siswa-siswi Sekolah Dasar Alto do Minho di Alfragide, Portugal (22/2). Pementasan gamelan ini merupakan bagian dari program Residências Artísticas yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa sekolah dasar melalui media musik, tari, dan teater. Program ini didukung penuh oleh Kementerian Kebudayaan dan Kementerian Pendidikan di Portugal.

Sekolah Dasar Alto do Minho merupakan sekolah swasta yang terletak di daerah imigran sehingga siswa berasal dari latar belakang budaya dan negara yang berbeda. Pementasan gamelan ini menjadi pertunjukkan musik pertama yang pernah ditampilkan di sekolah tersebut. Oleh karena itu, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Eliza untuk memberikan edukasi seni kepada siswa yang belum pernah mendapatkan pengalaman tersebut.

Pada pementasan yang dihadiri oleh berbagai kalangan di kota Amadora ini, Kepala Sekolah Dasar Alto do Moinho menyampaikan rasa terima kasih karena Sekolah Dasar Alto do Moinho telah dipilih sebagai tempat pelaksaan program Residências Artísticas tahun ini. Pengalaman yang didapatkan oleh siswa merupakan pengalaman yang sangat berharga.

Baca Juga: 6 Potret Keren Kota Sintra, 'Permata Tersembunyi Eropa' di Portugal

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya