TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ucapkan Selamat Berpuasa, Jokowi Minta Salat Tarawih Tetap Taat Prokes

Jokowi unggah video "Marhaban ya Ramadhan"

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan "Marhaban ya Ramadhan" atau selamat datang bulan Ramadan, dan selamat berpuasa bagi umat muslim. Hal itu disampaikan Jokowi melalui akun resminya di media sosial Instagram @jokowi yang diunggah, Sabtu (2/4/2022).

“Marhaban ya Ramadan. Selamat datang bulan Ramadhan. Bulan penuh pengampunan. Bulan dilipatgandakannya pahala ibadah dan kebaikan,” kata dia.

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Selamat Ramadan 1443 H: Mohon Maaf Lahir dan Batin

Baca Juga: Suasana Salat Tarawih Perdana Jemaah Muhammadiyah di Medan 

1. Jokowi ucapkan selamat berpuasa

Jokowi menyampaikan situasi pandemi COVID-19 yang membaik pada 2022 ini, telah membawa optimisme sehingga umat muslim dapat melaksanakan ibadah salat tarawih berjamaah di masjid, dengan tetap berdisiplin menerapkan protokol kesehatan.

Ia juga melantunkan doa agar pada Bulan Ramadhan ini, seluruh ibadah umat muslim dilancarkan, dimudahkan, dan diterima oleh Allah SWT. “Selamat berpuasa,” ujar dia.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh, Dikenal sebagai Puasa Putih

2. Kemenag dan NU memutuskan 1 Ramadan adalah Minggu (3/3/2022)

Ilustrasi salat Tarawih di bulan Ramadan. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Sebelumnya, Kementerian Agama menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Minggu (3/4/2022). Hal itu diputuskan melalui sidang isbat pada Jumat (1/4/2022). Dia menyatakan dari 101 titik pemantauan hilal yang tersebar di Indonesia, dilaporkan nihil melihat hilal.

"Secara mufakat bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada hari Ahad (Minggu) 3 April 2022," ujar Menteri Agama, Yaqut Qoumas.

Keputusan ini serupa dengan yang diterbitkan Pengurus Besar Nadhlatul Ulama yang memutuskan 1 Ramadan pada Minggu.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya