TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ilham Bantah Isu Almarhum Habibie Donor Kornea Mata ke Thareq

Hoaks nih! Apalagi yang rusak rentina mata bukan kornea

IDN Times / Auriga Agustina

Jakarta, IDN Times - Putra Almarhum Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, menjadi sorotan lantaran selalu memakai penutup mata. Belum lama ini, marak kabar di media sosial bahwa Thareq menerima transplantasi kornea dari sang ayah yang terdaftar jadi pendonor.

Namun, hal tersebut dibantah oleh anak sulung alamrhum BJ Habibie, Ilham Habibie. "Jadi kalau bahasa now namanya hoaks," katanya saat si temui di kediamannya, jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (13/9).

Lalu, sebenarnya mengapa Thareq sering kali terlihat menutup sebelah matanya?

Baca Juga: Thareq Habibie: Bapak Sering Lupa Bahwa Dirinya Sudah Berusia 80 Tahun

1. Akibat masalah glaukoma

IDN Times / Auriga Agustina

Menurut Ilham, Thareq menutup mata bukan karena operasi transplantasi melainkan akibat masalah glaukoma karena sakit gula yang Thareq derita.

"Itu glaukoma karena Thareq itu menderita penyakit gula. Akibat gula dan sudah bertahun-tahun merusak retinanya yang seperti layar di belakang lensa itu gak bisa diganti," ucapnya.

2. Ilham jelaskan soal retina Thareq

IDN Times / Auriga Agustina

Ia menegaskan meski cerita yang viral di media sosia tersebut indah didengar tapi tetap saja tidak benar karena yang rusak adalah retina mata Thareq. Sementara retina mata, kata Ilham, tidak bisa diganti.

"Sekali rusak, pasti rusak. Belum ada yang dimaksud mungkin kita ada yang bagian lensanya, yang bisa diganti kornea. Itu bukan penyakit Thareq," tegasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Thareq Habibie Apresiasi Kerja Tim Dokter RSPAD

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya