TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dukcapil Pastikan Urus Seluruh Akta Kematian Korban Sriwijaya Air 

"Ini adalah tugas Dukcapil, sekaligus tugas kemanusiaan"

Keluarga penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ 182 diarahkan petugas usai menyerahkan data ante mortem guna keperluan identifikasi di RS Polri, Jakarta, Senin (11/1/2021) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Jakarta, IDN Times - Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pihaknya sudah menyelesaikan akta kematian 12 jenazah korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182. Ia pun memastikan, Dukcapil bakal mengurus akta kematian seluruh korban.

"Keluarga korban tidak perlu mengurus akta kematian ke Dinas Dukcapil. Karena ada yang mau datang ke Dukcapil mengurus akta kematian. Saya beri informasi ke rekan-rekan semua tolong disampaikan bahwa biarkan kami yang pegang. Dari keluarga, cukup di rumah," ujar Zudan di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (15/1/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Jenazah Pramugari Sriwijaya Air Mia Tresetyani Teridentifikasi

1. Proses pembuatan akta kematian sudah jadi tugas Dukcapil

Konpers Sriwijaya Air SJY 182 di RS Polri (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Zudan menjelaskan, setelah Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri berhasil mengidentifikasi jasad korban, Dukcapil segera menerbitkan akta kematian. Menurutnya, proses pembuatan akta kematian sudah menjadi tugas Dukcapil.

"Sudah sangat kami mudahkan prosedurnya karena ini adalah tugas Dukcapil, tugas negara, sekaligus tugas kemanusiaan," ucap dia.

2. Tiga jenazah korban Sriwijaya Air sudah diterima pihak keluarga

Supeno Hendi Kuswanto, Ayah dari Pramugara Sriwijaya Air Okky Bisma bersama kakak Okky Fenita Citra (IDN Times/Lia Hutasoit)

Di tempat yang sama, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Rusdi Hartono mengatakan, jenazah kopilot Nam Air Fadly Satrianto sudah diserahkan ke keluarganya.

"Pagi ini kami telah menyerahkan jenazah kepada keluarga korban atas nama Fadly Satrianto. Kita serahkan kepada keluarga untuk dimakamkan," kata Rusdi.

Sebelumnya, dua jenazah korban yang berhasil teridentifikasi sudah diserahkan ke keluarganya. Mereka adalah pramugara Sriwijaya Air atas nama Okky Bisma dan Asy Habul Yamin. Rusdi mengatakan, Tim DVI Polri Kamis kemarin menerima 139 kantong jenazah. Per hari ini, pihaknya menerima 16 kantong jenazah baru.

"Sampai jam 09.00 WIB, kami telah dapatkan sebanyak 155 kantong jenazah dan masih proses untuk mendapatkan data-data," kata Rusdi.

Baca Juga: Jenazah Pramugara Sriwijaya Air Okky Bisma Diserahkan ke Keluarga

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya