TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

ICW Desak Dewas KPK Selidiki Dugaan Gratifikasi di Sewa Helikopter

Dewas dilarang menutup diri terkait pemeriksaan Firli Bahuri

Ketua KPK, Firli Bahuri (Dok. Humas KPK)

Jakarta, IDN Times - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana mengatakan, Dewas perlu melibatkan Kedeputian Penindakan dalam memeriksa dugaan pelanggaran kode etik Ketua KPK, Firli Bahuri.

"Hal ini penting, setidaknya untuk melihat lebih jauh, apakah ada potensi penerimaan gratifikasi dari pihak tertentu," kata Kurnia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga: Sewa Helikopter Mewah, MAKI: Turunkan Jabatan Firli Bahuri!

1. Jika terbukti, bisa ditingkatkan ke penyelidikan

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana (ANTARA News/Fathur Rochman)

Kurnia mengatakan, ketika nantinya ditemukan bukti permulaan yang cukup penerimaan gratifikasi dalam bentuk transportasi mewah, maka pemeriksaan etik tersebut dapat dilanjutkan dengan tindakan penyelidikan, bahkan penyidikan.

"Pasal 12 B UU Tipikor dapat digunakan sebagai dasar untuk memproses setiap penyelenggara negara yang menerima gratifikasi dari pihak tertentu, yang mana ancaman hukumannya mencapai 20 tahun penjara," ucapnya.

2. Dewas dilarang menutup diri terkait pemeriksaan Firli Bahuri

Jajaran Dewan Pegawas KPK menyampaikan konferensi pers di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Selain itu, proses pemeriksaan terhadap Firli harus menjunjung tinggi transparansi serta akuntabilitas kepada masyarakat. Kurnia menjelaskan, dalam Pasal 3 ayat (1) Peraturan Dewan Pengawas Nomor 3 Tahun 2020 menyebutkan, Dewas dalam melaksanakan pemeriksaan dan persidangan, berasaskan nilai akuntabilitas dan kepentingan umum.

"Ihwal pertanggungjawaban kepada publik juga ditegaskan dalam Pasal 20 ayat (1) UU KPK. Oleh karena itu, Dewas dilarang menutup diri atas proses dan hasil pemeriksaan terhadap Firli Bahuri," kata Kurnia.

Baca Juga: Abraham Samad Minta Sidang Etik Helikopter Mewah Firli Digelar terbuka

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya