TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PDIP Rotasi Ribka Tjiptaning ke Komisi VII, Karena Tolak Vaksin?

Ribka terang-terangan menolak untuk disuntik vaksin COVID-19

Eks Anggota DPR dari Komisi IX (sekarang di Komisi VII), Ribka Tjiptaning Proletariyati (Tangkapan layar YouTube DPR)

Jakarta, IDN Times - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning Proletariyati menjadi buah bibir sejak Selasa, 12 Januari 2021. Dalam rapat kerja perdana dengan Menkes Budi Gunadi Sadikin, Kepala BPOM Penny Lukito dan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, dia terang-terangan menolak untuk disuntik vaksin COVID-19.

Berdasarkan surat Fraksi PDIP DPR Nomor 04/F-PDIP/DPR-RI/2022 tertanggal 18 Januari 2021 yang diterima IDN Times, Ribka dirotasi dari Komisi IX ke Komisi VII. Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto.

Lantas, apakah penolakan program vaksinasi COVID-19 menjadi alasan dirotasinya Ribka?

Baca Juga: Tolak Vaksinasi, Ribka Tjiptaning Dinilai Blunder dan Bahayakan Publik

1. Rotasi bertujuan untuk mencari suasana baru

IDN/sidratul muntaha

IDN Times sudah berupaya mengonfirmasi surat tersebut kepada Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto. Namun, ia tak memberikan respons. IDN Times kemudian mencoba menghubungi Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno.

Hendrawan mengatakan, ia tidak menerima surat mengenai rotasi tersebut. Dia lalu bertanya siapa yang membocorkan surat itu.

"Anda dapat copy surat (soal rotasi) dari mana atau siapa? Siapa yang membocorkan surat yang ditujukan kepada pimpinan DPR tersebut?" kata dia kepada IDN Times, Senin (18/1/2021) malam.

Dia meminta agar tak perlu melebih-lebihkan soal dirotasinya Ribka. Rotasi, kata dia, bertujuan untuk mencari suasana baru.

"Saya mendapat info (Ribka dirotasi) serupa. Tak perlu dilebih-lebihkan. (Rotasi) Tujuannya untuk keluar dari rutinitas dan mencari suasana baru. Dulu saya dipindah dari Komisi VI ke Komisi XI dalam rangka menambah indeks kesegaran gagasan," ucap Hendrawan.

2. Empat anggota PDI Perjuangan lainnya juga dirotasi

IDN Times/Margith Juita Damanik

Ribka ternyata tak dirotasi seorang diri. Dari surat tersebut, tercatat Johan Budi Sapto Pribowo dari Komisi II dirotasi ke Komisi III. Kemudian Gilang Dhielafararez dari Komisi VI ke Komisi III dan Marinus Gea dari Komisi III ke Komisi XI.

Belum diketahui apa alasan mereka dirotasi. Tak hanya itu, Ihsan Yunus yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Komisi VIII dirotasi menjadi anggota Komisi II. Nama Ihsan sendiri terseret dalam kasus suap bansos COVID-19. Kendati begitu, belum diketahui apakah hal itu yang menyebabkan Ihsan dirotasi.

Baca Juga: Ribka Tjiptaning Tolak Divaksinasi COVID-19, PDIP: Itu Sikap Pribadi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya