TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polri: Akbar Alamsyah Jadi Tersangka karena Diduga Lempari Petugas

Surat penetapan tersangka dikirim melalui jasa pengiriman

IDN Times/Axel Jo Harianja

Jakarta, IDN Times - Pihak kepolisian mengonfirmasi pihaknya memang telah menetapkan almarhum Akbar Alamsyah (19) sebagai tersangka dalam aksi unjuk rasa pelajar pada (25/9) lalu di sekitar area DPR. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Argo Yuwono membenarkan hal tersebut. 

Menurut Argo, pemuda yang akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Kamis petang (10/10) kemarin, dijadikan tersangka karena diduga telah memprovokasi dan merusak fasilitas umum ketika aksi unjuk rasa berakhir ricuh pada hari itu. 

Lantas, apa dasar bagi pihak kepolisian menetapkan Akbar sebagai tersangka? Sebab, menurut pengakuan kakaknya, Fitri, surat penetapan tersangka diterima pada (30/9) lalu. Saat itu kondisi almarhum Akbar sudah koma. 

Baca Juga: Dalam Keadaan Koma, Polisi Tetapkan Akbar Alamsyah Jadi Tersangka

1. Akbar diduga ikut melempari petugas

Dok.Istimwa

Informasi penetapan tersangka disampaikan oleh Argo pada Jumat (11/10). Ia mengatakan, Akbar terbukti melempari aparat kepolisian saat aksi demo pada Selasa (25/9) lalu berlangsung.

"Ya, tentunya bahwa ada saksi-saksi (yang menyebut) bahwa dia (Akbar) ikut pelemparan petugas, perusakan (fasilitas umum). Semuanya kan bisa jadi tersangka," kata Argo saat di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan pada hari ini. 

2. Surat penetapan tersangka dikirim melalui jasa pengiriman barang

IDN Times/Dini Suciatiningrum

Konfirmasi mengenai status tersangka bagi almarhum disampaikan oleh kakak Akbar, Fitri Rahmayani (25). Ia mengatakan surat itu diterima oleh keluarga pada (30/9) lalu melalui jasa ekspedisi swasta. 

"Kami si terima surat dari kepolisian tanggal 30 September, tapi di surat tertulis tanggal 26 September (sudah jadi tersangkanya)," ujar Fitri ketika ditemui oleh IDN Times di rumah duka di Jalan Kebon Nanas, Cipulir pada siang tadi. 

Baca Juga: Koma 12 Hari Setelah Demo DPR, Akbar Alamsyah Meninggal Dunia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya