TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kisah Karier Rudiantara, dari Kereta Api Hingga Menjabat Menkominfo

Ia lulusan Unpad lho. Tag temanmu yang kuliah & alumni

kominfo.go.id

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2019. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dilangsungkan pada tanggal 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta. IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial terbesar di tanah air ini akan dihadiri oleh 1.500-an pemimpin millennial.

Salah satu yang akan menjadi pembicara kunci di IMS 2019 adalah Rudiantara, Menteri yang bertugas di kabinet kerja pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo periode 2014-2019, dengan tema The Future of Media.

Ia secara resmi diumumkan pada Minggu, 26 Oktober 2014 lalu dan menerima jabatan sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Rudiantara telah lama berkecimpung di dunia Industri Telekomunikasi. Hal ini yang membuat Jokowi memercayakan posisi Menkominfo kepadanya hingga tahun 2019.

Berikut fakta-fakta mengenai Rudiantara yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: “Puasa Medsos” Ala  Menteri Rudiantara Ingatkan Pesan Film Ready Player One

1. Segudang pengalaman di dunia telekomunikasi

kominfo.go.id

Pria lulusan Universitas Padjajaran tersebut memulai kariernya di bidang telekomunikasi sejak tahun 1986. Ketika itu ia menempati posisi sebagai General Manager Marketing Indosat.

Tahun 1996, Rudiantara menduduki jabatan sebagai Chief Operating Officer (COO) di PT Telekomindo Primabhakti. 11 tahun setelahnya ia habiskan di berbagai jabatan eksekutif di Indosat maupun Telkomsel.

Pada tahun 2005 Rudiantara pernah menjabat sebagai salah satu direktur di PT XL Axiata Tbk hingga tahun 2008, yang kala itu masih bernama PT Excelcomindo Pratama Tbk.

Kemudian statusnya berubah menjadi komisaris Independen sejak tahun 2011 hingga 2012. Ia juga pernah menduduki posisi Sekeretaris Jendral dari Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI).

2. Berkarier di industri semen

kominfo.go.id

Pria kelahiran bogor tersebut tidak berkarier di industri komunikasi saja. Tanggal 28 September tahun 2006 lalu, Rudiantara pernah menempati posisi Wakil Presiden Direktur PT Semen Gresik (Perero).

Berkarier di sektor tersebut membuahkan keberhasilan. Ia berhasil mewujudkan lima pembangunan pembangkit listrik bermesin turbin batubara yang memiliki kapasitas 400 MW.

3. Industri PLN dan kereta api pun pernah ia lakoni

kominfo.go.id

Tahun 2006, Rudiantara juga mencicipi karier di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai Wakil Direktur Utama. Ia juga menorehkan prestasi dengan turut andil dalam pengumpulan dana untuk pembangunan pembangkit listrik 10 ribu megawatt.

Tak hanya itu, Rudiantara juga pernah bekerja di dunia perkeretaapian sebagai CEO Bukitasam Transpacific Railways dan CEO Transpacific Railways Infrastructure (TRI).

4. Menyisihkan kandidat terpilih saat ditunjuk sebagai Menteri

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menteri yang bertugas dalam kabinet kerja Jokowi ini menyisihkan nama-nama yang digadang-gadang menempati posisinya. Kandidat lainnya ialah Niken Widiastuti, Dirut RRI, Richardus Eko Indrajit, Ketua APTIKOM, Heru Sutadi, mantan Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) , Gatot S Dewa Broto, Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Mantan Humas Kemenkomifo maupun Onno W Purbo, Akademisi dan Praktisi TI.

Baca Juga: 3 Jurus Jitu Kemenkominfo Berantas Hoaks, 24 Jam Setiap Hari!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya