TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Usut Kasus Surat Suara Tercoblos, Polri Gandeng Polisi Malaysia

Penanganan surat suara yang utama tetap di Bawaslu

polri.go.id

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polis Diraja Malaysia (PDRM) untuk menyelidiki kasus surat suara yang tercoblos di Malaysia.

Dedi mengungkapkan, perwakilan Polri yang merupakan tim asistensi, senior liaison officer (SLO) di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), tim dari Komisi Pemilihan Umu (KPU), tim Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan PDRM telah membahas hal tersebut dalam rapat.

"Polri di sana, dalam hal ini yang sudah dilakukan adalah mengantar dan mendampingi dari pihak KPU untuk cek lokasi dan melihat dokumen-dokumen dan berkoordinasi dengan Kepolisan Malaysia," ujar Dedi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (12/4).

Baca Juga: Kejanggalan Video Viral Pencoblosan Surat Suara di Malaysia

1. Penanganan surat suara yang utama tetap di Bawaslu

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Dedi menuturkan, penanganan masalah ini yang utama tetap ada di Bawaslu. Bawaslu nantinya akan mengasesmen terlebih dahulu, apakah masalah ini termasuk pelanggaran pemilu, pidana pemilu, atau pidana umum.

"Tadi rapat bersama PDRM. Selesai itu nanti Bawaslu akan meng-assesment," tutur Dedi.

2. Peyelidikan berada di luar wilayah kedaulatan Indonesia

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Dedi sendiri belum dapat menjelaskan lebih rinci terkait teknis penyelidikan kasus itu. Hal ini dikarenakan lokasi kejadian berada di luar wilayah kedaulatan Indonesia.

"Hasil rapatnya saya belum dapat . KPU sudah berkoordinasi dengan SLO, KPU minta kepolisian mengantarkan ke lokasi di Selangor. Selesai mengantarkan ke lokasi, baik di lokasi penyimpanan dokumen yang ada, baru melaksanakan rapat gabungan dengan PDRM untuk membahas secara komprehensif kejadian tersebut," ujarnya.

Baca Juga: KPU dan Bawaslu Kirim Tim ke Malaysia Cek Surat Suara Tercoblos

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya