TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wow! Kamera Tilang Elektronik ETLE Kini Terkoneksi Aplikasi Waze

Jangan kaget ya jika wajah kamu tiba-tiba muncul di HP

Ilustrasi tilang elektronik atau ETLE di Makassar. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Jakarta, IDN Times - Kamera Tilang Elektronik atau  Electronic-Traffic Law Enforcement (E-TLE) kini tersambung dengan aplikasi penunjuk jalan, Waze.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP I Made Agus Prasatya mengatakan, tersambungnya ETLE dengan Waze guna mengedukasi masyarakat agar lebih memahami keselamatan dan ketertiban berkendara.

"ETLE tidak hanya penegakan hukum, ada unsur prevensi dan edukasi melalui aplikasi Waze. Sehingga, terwujudnya budaya tertib berlalu lintas," kata I Made dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (13/8).

Baca Juga: Hari Pertama Penerapan ETLE Fitur Baru, Polisi Tilang 118 Pelanggar

1. Kepolisian ingin mematahkan pemikiran negatif masyarakat terhadap polantas

IDN Times/Axel Jo Harianja

I Made menjelaskan, terkoneksinya titik-titik kamera tilang elektronik di aplikasi Waze itu guna mematahkan anggapan masyarakat kepada polisi lalu lintas, untuk meraup keuntungan saat melakukan proses penilangan.

"Kebijakan ini mematahkan pemikiran negatif oleh beberapa oknum yang menganggap jika kami meraup untung dari tilang. Jadi salah besar jika ada pemikiran seperti itu," kata dia.

2. Masyarakat diharapkan sadar terhadap peraturan lalu lintas

IDN Times/Gregorius Aryodamar P

I Made berharap masyarakat menaati peraturan lalu lintas, bukan hanya sekadar takut ditilang, melainkan karena atas dasar kesadaran.

"Jadikan lah tertib berlalu lintas sebagai kebutuhan demi kelancaran dan keselamatan Anda di jalan raya," ujar dia.

Menurut I Made, saat pengguna jalan menggunakan aplikasi Waze dan melewati jalur-jalur yang terdapat kamera ETLE, maka dalam layar telepon ataupun PC akan terpampang jelas unit-unit kamera tersebut.

"Bukan hanya satu, dalam aplikasi Waze semua titik kamera terdeteksi dan tereksplorasi dalam layar. Sungguh terlalu jika masih ada pengendara yang melanggar lalu lintas," kata dia.

Baca Juga: Beroperasi Sejak 2018, Ini Fakta-fakta ETLE Yang Wajib Kamu Tahu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya