TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dishub Kota Depok Tutup 5 Titik U-Turn Jalan Boulevard GDC Depok

Ada 13 U-Turn di sepanjang jalan GDC Depok

Petugas Dishub Kota Depok bersama Polres Metro Depok menutup U-Turn di Jalan Raya Boulevard GDC, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Depok, IDN Times - Dinas Perhubungan Kota Depok telah menutup sejumlah U-Turn atau putar balik kendaraan di Jalan Raya Boulevard GDC, Kota Depok. Sebelumnya rencananya akan ada enam U-Turn yang akan ditutup, namun hanya lima pada pelaksanaanya.

Kepala Bidang Bimkestib Dinas Perhubungan Kota Depok, Ari Manggala, mengatakan penutupan U-Turn merupakan tindak lanjut dari upaya mencegah kecelakaan lalu lintas. Sebelumnya Dinas Perhubungan Kota Depok telah mensosialisasikan penutupan U-Turn kepada masyarakat.

"Ada lima U-Turn yang kami tutup di sepanjang Jalan Raya Boulevard GDC," ujar Ari kepada IDN Times, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Dishub Kota Depok Tutup Sejumlah U Turn di GDC

1. Satu U-Turn tidak ditutup dengan alasan terdapat dua status kewenangan

Kepala Bidang Bimkestib Dinas Perhubungan Kota Depok, Ari Manggala (kanan) saat ditemui pada penutupan U-Trun Jalan Raya Boulevard GDC, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Ari menuturkan, lima titik U-Trun yang ditutup yakni, U-Turn dekat Al Azhar, cluster Caspia, Mandor Samin, Latana, dan depan gedung PGRI. Dinas Perhubungan Kota Depok tidak menutup U-Turn yang berada di dekat PLN. Sebelumnya putaran tersebut disebut-sebut bakal ditutup Dinas Perhubungan Kota Depok.

"Untuk penutupan putaran di PLN kami berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," tutur Ari.

Dinas Perhubungan Kota Depok menjelaskan penutupan U-Turn PLN berada di dua jalan yang memiliki kewenangan berbeda. U-Turn PLN berdekatan dengan Jalan KSU yang berstatus Jalan Provinsi.

"Sedangkan Jalan Boulevard GDC statusnya merupakan kewenangan Kota Depok, jadi harus dikoordinasikan terlebih dahulu," terang Ari.

Baca Juga: Sering Terjadi Kecelakaan di U Turn, Jalan GDC Depok Akan Ditutup

2. Penutupan U-Turn untuk keselamatan pengendara

Anggota Dishub Kota Depok bersama Satlantas Polres Metro saat menutup salah satu U-Turn di Jalan Boulevard GDC, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Ari mengungkapkan, penutupan lima U-Trun telah dilakukan kajian bersama Satlantas Polres Metro Depok. Penutupan demi kesalamatan  pengendara yang melintas di Jalan Boulevard GDC, Kota Depok.

"Ini untuk keselamatan dan ketertiban para pengendara di jalan ini," ungkap Ari.

Pada saat sosialisasi penutupan U-Turn terdapat satu laporan adanya kecelakaan lalu lintas di salah satu U-Turn Jalan Boulevard GDC. Hal itulah yang menjadi dasar penutupan U-Turn  dianggap rawan kecelakaan.

"Bahkan saat kami mensosialisasikan pada pagi hari, sorenya ada kecelakaan lalu lintas," tegas Ari.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya