TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Puluhan Lapak Pedagang Pasar Kemirimuka Depok Hangus Terbakar

Diduga akibat korsleting listrik

Lapak pedagang blok C Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok, alami kebakaran diduga arus pendek listrik. (Istimewa)

Depok, IDN Times - Kebakaran menghanguskan puluhan lapak Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Minggu (26/3/2023). Peristiwa ini terjadi saat menjalang pedagang berbuka puasa atau sekitar pukul 17.30 WIB, diduga akibat korsleting atau hubungan arus pendek listrik di lapak pedagang blok C.

Salah seorang pedagang pasar Kemirimuka, Rahmat, mengatakan, kebakaran terjadi saat hujan dan menjelang waktu berbuka puasa. Rahmat mengatahui kebakaran usai membeli makanan tidak jauh dari Pasar Kemirimuka.

"Pas sampai di pasar saya lihat pedagang pada berkumpul, dan ada nyala api dari lapak di blok C pasar," ujar Rahmat dikonfirmasi IDN Times, Minggu (26/3/2023). 

Baca Juga: Kebakaran Hebat Gegara AC Meledak Hanguskan Rumah di Jakarta Pusat

1. Terdapat lapak berupa bangunan semi permanen

Kebakaran di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok, terlihat dari ketinggian sebuah gedung. (Istimewa)

Rahmat menuturkan, terdapat beberapa lapak pedagang yang terbakar, dan api berusaha dicegah para pedagang agar tidak menyambar ke lapak lainnya. Tidak lama, mobil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok datang membantu memadamkan api.

"Tadi pedagang berusaha memadamkan api seadanya menggunakan air, ditambah bantuan hujan, terus mobil pemadam mulai berdatangan," tutur dia.

Rahmat tidak mengetahui pasti jumlah lapak pedagang terbakar, namun diperkirakan jumlahnya mencapai puluhan. Hal itu dikarenakan terdapat beberapa lapak material bangunannya berupa semi permanen, sehingga mudah terbakar.

"Kayaknya lebih dari 20 lapak yang terbakar, saya gak tahu pasti," ujar dia.

Baca Juga: Tiga Ruko Depan Mako Brimob Depok Kebakaran, Satu Anak Meninggal

2. Api berhasil di padamkan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok

Api berhasil dipadamkan usai membakar lapak para pedagang di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok. (Istimewa)

IDN Times.com berusaha mengonfirmasi Kabid Pengendalian Oprasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos. Saat dikonfirmasi, Welman mengatakan, kebakaran lapak pedagang Pasar Kemirimuka telah ditangani anggota pemadam.

"Kami sudah melakukan penanganan, anggota sudah merangsek masuk ke dalam pasar untuk memadamkan api," ujar Welman.

Welman menjelaskan api yang membakar lapak pedagang telah berhasil di kendalikan dan dipadamkan tidak lebih dari satu jam. Untuk mencegah api menyebar luas, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok telah menurunkan delapan mobil pompa air.

"Kami turunkan puluhan anggota dan delapan mobil pemadam," ucap dia.  

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya