TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

27 U-Turn di Jakarta Bakal Ditutup, Ini Lokasinya!

Penutupan jalan putar akan dilakukan bertahap

Ilustrasi Rambu Larangan Putar Balik di Jalan Tol (dok. Google Maps)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan, akan menutup 27 jalur putar balik atau u-turn pada 2023 ini.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penutupan jalur putar balik akan dilakukan secara bertahap sampai Juni nanti.

"Total u-turn itu ada 27 titik yang nantinya akan ditutup di lima wilayah, kami rencanakan semester satu penutupan akan tuntas," ujar Syafrin di Balai Kota Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Baca Juga: Dishub DKI soal Jalan Berbayar di Jakarta: Masih Digodok 

1. Evaluasi menggunakan simulasi software transportasi

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Syafrin mengatakan pihaknya akan mengevaluasi secara rutin penerapan jalan putar balik menggunakan simulasi software transportasi.

"Namun demikian tetap keutamannya adalah bukan dalam tatanan waktu tempuh pergerakan yang sifatnya hanya berpindah arah. Contohnya, satu titik ada putaran mau ke seberang lebih cepat berputar untuk tiba tujuan di seberang tetapi lebih bagaimana kerja jaringan lebih baik," katanya. 

2. Jalan akan ditutup bertahap menggunakan water barrier

Warga menyeberang di pelican cross Halte Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (29/3/2020) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dia menerangkan secara prosedur tetap (protap), u-turn akan ditutup mengunakan water barrier sambil mengevaluasi tiap tiga bulan, sebelum akhirnya ditutup secara permanen.

"Kita pakai water barrier dulu sambil evaluasi dalam tiga bulan sudah fix baru tutup permanen," katanya.

Baca Juga: Upaya Heru Budi Atasi Macet di Jakarta, Dari Kurangi U-Turn hingga ERP

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya