TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gara-gara Risma, Pemulung Ini Kini Kerja Kantoran dengan Gaji Jutaan

Yudha bekerja di salah satu kantor apartemen

Irmanyuda kini bekerja di kantor setelah dibantu oleh Mensos Risma. (dok. Kemensos)

Jakarta, IDN Times - Irmanyuda melangkahkan kaki di sebuah kantor pengelola gedung tinggi apartemen Grand Kamala Lagoon, di Bekasi. Senyum pria berusia 40 tahun ini terus mengembang sambil menyapa sesama rekannya.

Pria yang akrab disapa Yudha ini tidak menyangka saat ini dia mengenakan kemeja panjang, berpadu dengan sepatu hitam dan berada sebuah kantor.

Padahal pertengahan 2021, dia masih mengadu rezeki di jalanan dengan memungut sampah. Yudha merupakan salah satu pemulung beruntung di Jakarta yang ditemui Menteri Sosial Tri Rismaharini kala itu.

Baca Juga: Momen Risma Spontan Kabulkan Permintaan Masyarakat Baduy

1. Yudha sempat ragu dengan tawaran Risma

Irmanyuda kini bekerja di kantor setelah dibantu oleh Mensos Risma. (dok. Kemensos)

Yudha mengatakan awalnya ia ragu menerima tawaran Risma mengikuti program rehabilitasi sosial di Balai Pangudi Luhur Bekasi, namun saat itu Risma meyakinkan dia bahwa kehidupannya akan lebih baik.

"Jadi di Balai Pangudi Luhur Bekasi, saya mendapatkan berbagai pelatihan keterampilan (vocational) kewirausahaan seperti beternak lele dan ayam, membuat kompos dan motivasi perubahan perilaku agar bisa bekerja di segala bidang," ujarnya.

2. Kini Yudha bergaji Rp5 Juta

Irmanyuda kini bekerja di kantor setelah dibantu oleh Mensos Risma. (dok. Kemensos)

Setelah mendapatkan pelatihan, Kementerian sosial juga menyalurkan Yudha ke sebuah pengelola apartemen di Bekasi.

Dia mengungkapkan dulu saat memulung rata-rata mengantongi Rp15 sampai 30 ribu per hari. Namun setelah bekerja di kantor apartemen, Yudha mendapatkan gaji Rp5 juta per bulan.

"Saya sangat berterima kasih kepada Bu Risma yang telah mengangkat derajat hidup dari jalanan sebagai pemulung menjadi pegawai kantoran seperti saat ini," ujar Yudha dengan mata berkaca-kaca.

Baca Juga: Kisah Pilu Nenek Pemulung Makan Nasi Berkuah Air Hujan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya