TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Grup Selawat di Mimika Papua Nyaris Bubar, Kini Makin Berkibar

Banyaknya intervensi membuat grup selawat ini nyaris bubar

Grup Shalawat di Mimika Papua/ dok Nu.or.id

Jakarta, IDN Times - Membangun sebuah kelompok bukanlah pekerjaan mudah. Asal-usul anggota yang berbeda suku, keluarga, latar belakang, usia, pengalaman, pendidikan, kepentingan, dan lingkungan yang berbeda adalah sebuah kepastian. Tentu diperlukan sikap kepemimpinan yang kuat dan nasib baik untuk bisa eksis dan berkembang.

Hal ini yang dirasakan oleh grup hadrah Ahbabul Musthofa Mimika (AMM), Papua. Melewati perjalanan yang demikian berliku, namun akhirnya bisa berkibar hingga kini.

"AMM ini berdiri pada 7 November 2020 sebagai respons positif digelarnya gebyar selawat yang melibatkan 6 grup hadrah dari berbagai lokasi," kata Ustaz Sugiarso dilansir dari situs NU.or.id, Minggu (21/3/2021).

Baca Juga: Kisah Pembebasan Orang Dengan Gangguan Jiwa Dipasung 7 Tahun Sejak SD

1. Wadah para pecinta Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf

IDN Times/R. Damanhuri

Pembina AMM Ricky Nurdiansyah. menjelaskan keberadaan grup ini merupakan wadah para pecinta Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf (Syechermania dan Syechermanita) dan grup hadrah Habsyi santri dan remaja masjid, serta musala di Kabupaten Mimika, Papua. 

"Mengingat kembali suka citanya kami membuat satu grup selawat AMM bagai anak kecil yang baru berjalan, sering tersandung dan jatuh," kata Ricky.

2. Grup ini nyaris bubar

Ilustrasi Bersalaman (IDN Times/Sukma Shakti)

Dia mengatakan banyak ide dari pelatih dan personel lain yang berbeda dan kadang bertolak belakang. 

"Intervensi yang tidak bertanggung jawab dari berbagai pihak pada grup ini membuat kacau dan  bahkan grup ini nyaris bubar," kenangnya. "Tapi berkat pertolongan Allah SWT dan setiap personel menjaga keistikamahan, alhamdulillah grup bisa pertahankan," lanjutnya.  

Semenjak melewati masa kritis ini, AMM mulai kompak sejak tampilan selawat dalam rangka hari lahir ke-98 NU awal Februari lalu. Setelah itu, jadwal selawat makin banyak dan otomatis kekompakan makin baik karena latihan kian sering dilakukan.  

3. Grup AMM semakin berkibar di Papua

Pemprov Papua

Tampilan terkini AMM adalah mengisi acara haul masyayikh dan Isra’ Mi’raj, Sabtu (14/3/2021). lalu. Kegiatan dipusatkan di halaman Masjid Nurul Hikmah Pondok Pesantren Darussalam Mimika.   

Menurut Ustaz Sugiarso, selama kegiatan berlangsung tampilan yang ditunjukkan luar biasa. Hal tersebut terlihat dari kedisiplinan, kekompakan dan ketahanan yang ditunjukkan. 

“Memulai selawat sejak pukul 7 pagi hingga selesai yakni pukul 12.30 dengan terus berada di panggung tetapi dibalut stamina prima,” ungkapnya.

Karena itu dirinya secara khusus berharap seluruh anggota shalawat diberkahi Allah dan mendapatkan keberkahan sahibul haul.  

“Semoga AMM makin maju berkembang dan motor gerakan Mimika sebagai kota selawat," harap dia.  

Baca Juga: Kronologi Pengusiran Haddad Alwi Saat Selawat di Sukabumi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya