TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kemenkes Pastikan Belum Ada Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Sembilan kasus dugaan cacar monyet adalah penyakit lain

ilustrasi cacar monyet (who.int)

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, Mohammad Syahril, menegaskan sampai saat ini belum ditemukan kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia. Syahril menjelaskan, sembilan pasien yang dicurigai ternyata tak tertular cacar monyet.

"Rincian hasil pemeriksaan dari kasus yang dicurigai, sebanyak tujuh kasus terdiagnosa negatif PCR orthopoxviridae, satu kasus menderita pemfigoid bulosa, dan satu kasus varicella," kata Juru Bicara Mohammad Syahril saat menyampaikan keterangan pers virtual, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Kasus Singkawang Bukan Cacar Monyet, Kemenkes Buka Fakta Ini

1. Sembilan kasus dugaan monkeypox ternyata penyakit lain

ilustrasi cacar monyet (cbnc.com)

Syahril menerangkan, sejumlah provinsi yang melaporkan dugaan cacar monyet di antaranya Kalimantan Barat (satu), Jawa Tengah (satu), Jawa Barat (tiga), dan DKI Jakarta (empat).

"Hingga hari ini, beberapa wilayah telah melaporkan kasus yang dicurigai. Namun, berdasarkan hasil penyelidikan lebih lanjut belum ada yang memenuhi kriteria suspek maupun probable," ujarnya.

2. Penularan ke manusia bisa melalui daging hewan

Ruam pada cacar api atau cacar ular atau shingles. (nhs.uk)

Sahril menerangkan, cacar monyet bisa menular dari hewan ke hewan dan dari hewan ke manusia. Penularan dari hewan ke manusia melalui cairan tubuh, terutama bagian tubuh yang ada cacar seperti di sekitar muka atau tubuh hewan.

"Selain itu juga penularan ke manusia bisa melalui daging hewan tersebut, yang tidak dimasak secara matang," ujarnya.

Baca Juga: WHO Pertimbangkan Status Darurat pada Wabah Cacar Monyet 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya