TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mantap, Jokowi Pastikan Penyaluran BLT BBM Sudah 95,9 Persen

Sebanyak 19,7 juta KPM sudah terima BLT BBM

Presiden RI Joko Widodo memastikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM sudah mencapai hampir mencapai target/dok Kemensos.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memastikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah hampir mencapai target. Hal ini disampaikan saat Jokowi berkunjung ke Pulau Buton, tepatnya di Kota Bau-Bau, Selasa (27/9/2022).

"Kemudian yang berkaitan dengan BLT BBM, realisasi sampai hari ini sudah 19,7 juta penerima manfaat, artinya sudah 95,9 persen sudah hampir selesai," kata Jokowi dalam siaran tertulis.

Baca Juga: Pos Indonesia Kebut Penyaluran BLT BBM di Daerah 3T

1. BLT sudah disalurkan 19,9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

Presiden Jokowi pastikan penyaluran BLT BBM selesai/dok Kemensos

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial, Beni Sujanto, yang hadir mewakili Menteri Sosial Tri Rismaharini, mengatakan penyaluran di tiga titik Pulau Buton dihadiri 300 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima secara simbolis.

"Penerima manfaat yg dihadirkan di Sulawesi Tenggara di tiga titik lokasi yaitu di Kota Bau Bau, Kabupaten Buton, dan Kabupaten Buton Selatan. Masing-masing  100 orang. Dari 100 orang itu adalah penerima BLT BBM dan penerima KPM PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai)," katanya.

Hingga Selasa sore (27/9/2022), secara nasional penyaluran terus menunjukkan kenaikan realisasi, sehingga tercatat persentase realisasi penyaluran mencapai 96,50 persen, atau telah disalurkan ke 19,9 juta KPM.

Baca Juga: Viral Video BLT 'Disunat' Aparat Desa  Rp100 Ribu, Dalih Infaq Musala

2. Penyaluran dilakukan PT Pos

Presiden Jokowi pastikan penyaluran BLT BBM akan rampung/dok Kemensos

Kementerian Sosial bekerja sama dengan PT Pos Indonesia menyalurkan BLT BBM Tahap I, pada September 2022. BLT BBM Tahap II akan disalurkan pada Desember 2022.

Penyaluran dilakukan secara langsung dengan skema penyaluran di kantor pos wilayah masing-masing, dan skema komunitas untuk kawasan 3T.

Bagi lansia, penyandang disabilitas dan penerima manfaat dalam kondisi sakit, PT Pos Indonesia mengantarkan langsung BLT BBM ke rumah masing-masing penerima (door to door).

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya