TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menkes Jamin Penyebab Kematian Dokter Mawar di Papua Dibuka Transparan

Menkes akan berkomunikasi dengan Kapolri

Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin melayat ke rumah duka mendiang dokter Mawartih Susanty di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Senin (13/3/2023). (dok. Kemenkes)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan bersama Kepolisian RI masih melakukan penelusuran untuk mengetahui penyebab pasti kematian dr. Mawar. Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin memastikan proses penelusuran ini akan berjalan transparan, terbuka, dan tidak ada yang ditutup-tutupi.

“Jaminan dari saya masalah ini akan dibuka secara transparan karena itu juga yang diminta oleh pihak keluarga. Tapi tentunya ini butuh proses sesuai aturan,” ujar Menkes saat melayat ke kediaman dokter Mawar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (13/3/2023).

Baca Juga: IDI Investigasi Kematian Dokter Mawarti di Papua

1. Pemerintah diminta meningkatkan jaminan keamanan nakes di wilayah terpencil

ilustrasi nakes kelelahan setelah memberikan pelayanan pasien positif COVID-19 (IDN Times/Ervan)

Budi menjelaskan meninggalnya Mawar telah menjadi pembelajaran bagi pemerintah untuk terus meningkatkan jaminan keamanan kepada tenaga kesehatan yang bertugas terutama di wilayah terpencil dan tertinggal.

"Karena itu, Kemenkes akan menjalin komunikasi dengan Polri dan pemerintah daerah terkait hal ini," imbuhnya.

2. Menkes akan berkomunikasi dengan Kapolri

PB IDI berduka atasa kematian Dokter Mawartih yang bertugas di RSUD Nabire, Papua/Dok IDI

Menurut Budi, keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dia menegaskan mereka harus mendapatkan jaminan keselamatan, keamanan dan kesehatan dari pihak pemerintah daerah dan aparat penegak hukum.

“Saya akan berkomunikasi dengan Kapolri dan Pemerintah Daerah bagaimana layanan kesehatan tetap berjalan dengan adil dan merata, namun harus disertai dengan jaminan keamanan yang baik untuk dokter dan tenaga kesehatan,” jelas Budi.

Baca Juga: Kata Gen Z Papua soal Ruang Bersuara dan Berkarya bagi Perempuan

3. Budi sampaikan duka cita

Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin melayat ke rumah duka mendiang dokter Mawartih Susanty di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Senin (13/3/2023). (dok. Kemenkes)

Budi menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan. Dia mengungkapkan dokter Mawar adalah sosok dokter yang penuh dedikasi, cinta dan tanggung jawab akan profesinya.

"Kecintaannya ini dibuktikan dengan menjadi dokter spesialis paru satu-satunya di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah, selama 6 tahun," ujar Budi dalam keterangan resmi.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya