TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nakes DKI Terpapar Varian COVID-19 B.1617 India, Begini Kronologinya

Kemenkes belum bisa simpulkan kasus imported atau transmisi

Ilustrasi Tenaga Kesehatan di Wisma Atlet (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan mengungkapkan mutasi ganda dari India B.1617 di Indonesia telah menginfeksi seorang tenaga kesehatan atau nakes di Jakarta.

Jubir vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, mengatakan tenaga kesehatan tersebut setiap hari berhubungan dengan pasien-pasien yang merupakan Warga Negara Asing (WNA).

"Sakitnya awal April, tidak ada gejala berat sehingga hanya melakukan isolasi mandiri, sekarang sudah sehat dan negatif," ujarnya dalam konferensi pers yang dipantau virtual, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Waspada! 10 Varian Baru COVID-19 B177 Ditemukan di 4 Provinsi Ini

1. Ditemukan klaster keluarga

Bahaya Klaster Keluarga (IDN Times/Arief Rahmat)

Nadia belum bisa menyimpulkan mutasi virus corona B.1617 yang menginfeksi nakes ini merupakan imported case atau transmisi lokal. Sebab, dari pelacakan kasus juga ditemukan klaster keluarga.

"Kita ketahui suami dan anak beliau juga positif tapi kondisi baik-baik saja, sehingga kita lakukan pelacakan kasus 20 sampai 25 kontak. Kita belum tahu kasus ini merupakan imported case ataukah transmisi lokal, kita masih menunggu pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

2. Satu kasus mutasi dibawa WNA India

Pekerja migran menunggu uji rapid antigen di lokasi pembangunan komplek gedung tempat tinggal ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di New Delhi, India, Sabtu (19/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi)

Selain menginfeksi tenaga kesehatan, mutasi virus ini rupanya juga dibawa Warga Negara Asing (WNA) asal India yang masuk ke Indonesia. Kondisi ini berdasarkan hasil tes whole genome sequencing dari salah satu dari ratusan WNA India yang beberapa waktu lalu naik pesawat charter.

"Mutasi B.1617 ini kita dapatkan dari klaster WNA India yang kemarin  berangkat ke Indonesia 10, 22, dan 23 April," imbuh Nadia.

Nadia menjelaskan, saat ini WNA India tersebut sedang menjalani perawatan dan isolasi di RSPI Sulianti Saroso. "Kondisinya stabil. Ada keluhan, tapi sangat ringan," ujarnya.

Baca Juga: Kronologi Warga Bali Terpapar Varian COVID-19 B.1351 Hingga Meninggal

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya