TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemprov DKI Bersiap Gelar FGD Ganjil Genap Sepeda Motor

Ganjil genap motor untuk kurangi polusi udara di Jakarta

Personel Polresta Bogor Kota dan Dishub Kota Bogor mengatur arus lalu lintas saat pemberlakuan kebijakan ganjil genap di Simpang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/7/2021) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Fokus Grup Diskusion (FGD) penerapan ganjil genap sepeda motor di Ibu Kota.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya masih menyiapkan kajian komprehensif terkait wacana ganjil genap sepeda motor yang diusulkan oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

"Baru minggu lalu usulnya disampaikan Kapolri. Sehingga kami baru akan menyusun kerangka acuan kerja. Kita siapkan kajian komprehensif termasuk akan melakukan FGD," Kamis (19/10/2023).

Baca Juga: Heru Belum Bahas Aturan Ganjil Genap Sepeda Motor di Jakarta

1. Pembahasan terkait aturan gage

Aprilio Akbar/ANTARA FOTO

Syafrin mengatakan diskusi tersebut penting untuk membahas bagaimana regulasinya jika aturan gage sepeda motor diterapkan di Jakarta.

"Penting bagaimana aspek regulasinya, aspek ekonomi, sosial, ini harus jadi satu kesatuan agar bisa nanti diturunkan menjadi kebijakan. Kita lihat nanti," katanya.

2. Kapolri usul gage sepeda motor

Petugas Sat Lantas Polres Bogor dan petugas Dishub Kabupaten Bogor mengarahkan kendaraan wisatawan saat penyekatan kendaraan nomor polisi ganjil genap di jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/3/2022) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Diketahui wacana ini diusulkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Dia menyoroti kemungkinan penerapan aturan ganjil genap sepeda motor. Kebijakan itu terkait polusi udara di Jakarta yang memburuk beberapa waktu terakhir.

"Kita beberapa waktu yang lalu juga dihadapkan dengan polusi udara, 67 persen polusi udara khususnya yang terjadi di DKI Jakarta itu dari emisi kendaraan bermotor, 26,8 persen dari industri manufaktur, dan sisanya dari pembakaran sampah," kata Sigit saat acara Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 yang disiarkan di kanal YouTube NTMC Polri, dikutip Rabu (27/9/2023).

Baca Juga: Pemprov DKI Kaji Wacana Ganjil Genap Sepeda Motor

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya