Pemprov DKI Kaji Wacana Ganjil Genap Sepeda Motor

Aturan ganjil genap sepeda motor usulan Kapolri

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan membahas penerapan ganjil genap untuk kendaraan roda dua di sejumlah ruas jalan di Ibu Kota.

"Kita akan pikirkan. Semua itu harus dikaji bersama dengan Direktorat Lalu Lintas/Ditlantas Polda Metro Jaya, masih kami obrolkan," kata Heru pada awak media, Senin (9/10/2023).

1. Dishub DKI kaji usulan ganjil genap sepeda motor

Pemprov DKI Kaji Wacana Ganjil Genap Sepeda MotorIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan perlu adanya kajian lebih lanjut sebelum menerapkan ganjil genap (gage) untuk sepeda motor.

"Usulan itu kami akan kaji lebih lanjut secara komprehensif," ujar Syafrin.

Baca Juga: Kapolri Bahas Kemungkinan Penerapan Ganjil Genap untuk Sepeda Motor

2. Penerapan ganjil genap untuk kurangi polusi udara

Pemprov DKI Kaji Wacana Ganjil Genap Sepeda Motorilustrasi polusi udara (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebelumnya menyoroti kemungkinan penerapan aturan ganjil genap untuk sepeda motor. Hal ini terkait dengan polusi udara, khususnya di DKI Jakarta yang belakangan ini memburuk.

"Kita beberapa waktu yang lalu juga dihadapkan dengan polusi udara, 67 persen polusi udara khususnya yang terjadi di DKI Jakarta itu dari emisi kendaraan bermotor, 26,8 persen dari industri manufaktur, dan sisanya dari pembakaran sampah," kata Sigit saat acara Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 yang disiarkan di kanal YouTube NTMC Polri, dikutip Rabu (27/9/2023).

3. Polusi udara berdampak buruk pada kesehatan

Pemprov DKI Kaji Wacana Ganjil Genap Sepeda Motorilustrasi melawan polusi udara (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Polusi udara, menurut Sigit, berhubungan erat dengan kesehatan. Di wilayah tertentu, udara yang memburuk sampai menyebabkan terjadinya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Kita diminta untuk ikut menjaga agar yang namanya polusi udara ini ke depan bisa kita tekan, karena ini terkait dengan perubahan lingkungan, dan juga untuk kesehatan," lanjut Sigit.

Baca Juga: Kapolri Bahas Kemungkinan Penerapan Ganjil Genap untuk Sepeda Motor

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya