TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tes Virus Corona Bisa Dilakukan di 10 Kota Ini

Suspect virus corona tak harus dibawa ke Jakarta 

Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (IDN Times/Dini Suciatinungrum)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah menambah 10 tempat untuk menguji spesimen dari pasien terduga terinfeksi virus corona atau COVID-19 di berbagai provinsi di tanah air.

"Dengan ditemukan kasus positif virus corona kita respons cepat, mulai hari ini polymerase chain reaction (PCR) akan kita sebarkan, tidak hanya di Balitbangkes tapi juga di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP)," ujarJuru bicara untuk kasus virus corona Achmad Yurianto di Gedung Kemenkes, Selasa (3/3).

Baca Juga: 67 ABK Diamond Princess Negatif Virus Corona, 2 WNI Diperiksa Ulang

1. Pengujian dengan metode PCR hanya bisa di Balitbangkes

IDN Times/Wira Sanjiwani

Yuri mengungkapkan selama ini pengujian dengan metode PCR hanya bisa berpusat di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Balitbankes) namun saat ini sudah bisa dilakukan di berbagai tempat.

"Kita memiliki BBTKLPP di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Banjar bari dan BTKLPP di Batam, Medan, Palembang, Makasar, Manado, dan Ambon," terangnya.

2. Jika ada pasien suspect di daerah dapat langsung ditangani tanpa harus ke Jakarta

Pasien terindikasi virus corona (IDN Times/Istimewa)

Yuri mengatakan 10 balai tersebut juga sudah ditempatkan ahli yang sudah dilatih untuk memeriksa dan menguji virus corona menggunakan PCR, selain itu Balitbangkes akan menempatkan staf sebagai supervisor di balai tersebut.

"Tujuannya satu agar cepat, jadi semisal ditemukan suspect virus corona di Ambon atau Manado tidak perlu dikirim ke Jakarta," jelasnya.

Baca Juga: Identitas Pasien Virus Corona Bocor, Kemenkes: Bukan dari Kami

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya