TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tulis Pesan Singkat, Mentan Ingatkan Ini kepada Para Pejabat

Pesan singkat Mentan cukup dalam dan penuh makna

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo ke Provinsi Papua (Dok. Kementan)

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertanian Syahrul Yasin limpo (Mentan SYL) menulis sebuah pesan singkat yang cukup dalam, penuh makna dan membuat para pengambil kebijakan di negeri ini berpikir 2 kali jika melakukan kesalahan.

Pertama, SYL mengingatkan adanya Tuhan sebagai pengawas tetap yang akan meminta pertanggungjawaban ketika manusia pulang ke pangkuan-Nya.

Baca Juga: Mentan SYL Komitmen Bangun Pertanian Bumi Papua

1. Berorientasi pelayanan masyarakat

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengunjungi tenant. (Dok.Kementan)

Kedua, SYL mengingatkan agar dalam setiap tingkah dan laku seorang pejabat harus berorentasikan pada pelayanan masyarakat. Apalagi kekuasaan dan jabatan bukan sebatas simbol struktural dan kelembagaan. Jabatan menurut SYL harus digunakan untuk berbuat kebaikan dan membantu banyak orang secara sabar dan ikhlas.

"Bukan sebaliknya, jabatan dan kekuasaanmu hanya digunakan sebagai alat untuk berbuat sewenang-wenang. Lalu, menjerumuskan pada kenistaan dan keterhinaan," ujar Mentan SYL, Sabtu, 9 Oktober 2021.

2. Jabatan dan kekuasaan merupakan amanah

Mentan Syahrul/Dok.Kementan

SYL menyampaikan, jabatan dan kekuasaan tidak lebih dari amanah yang diberikan Tuhan sebagai jalan membahagiakan rakyat. Ibarat daki, jabatan dan kekuasaan bisa luntur kapan saja dan di mana saja.

"Sekali lagi saya katakan, jangan lupa dan ini pasti! Suatu ketika, kamu akan dimintai pertanggungjawaban atas amanah itu. Konsekuensinya juga, sangat berat. Surga dan neraka adalah taruhannya," katanya.

Baca Juga: Mentan SYL Komitmen Bangun Pertanian Bumi Papua

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya