TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Libur Idul Adha, Penumpang Kereta Meningkat Hampir Dua Kali Lipat

Penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Peningkatan penumpang kereta api menjelang Hari Raya Idul Adha (Dok. KAI)

Jakarta, IDN Times - Menjelang masa libur sekolah dan Hari Raya Idul Adha 1443 H, penumpang kereta api (KA) di area Daop 1 Jakarta dilaporkan mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang melakukan perjalanan dari Stasiun Gambir maupun Stasiun Pasar Senen.

Pada Kamis (7/7/2022), dari Stasiun Gambir ada 32 keberangkatan KA dengan jumlah penumpang 12.535 atau okupansi 84 persen dari total tempat duduk.

Baca Juga: Salat Idul Adha di JIS Wajib sudah Vaksin Booster

1. Peningkatan penumpang hampir dua kali lipat

Peningkatan penumpang di Stasiun hampir dua kali lipat (Dok. KAI)

Sementara itu, di Stasiun Pasar Senen juga tidak jauh berbeda, ada 24 KA dengan jumlah okupansi sebanyak 82 persen dari ketersediaan tempat duduk atau 14.470 penumpang.

Kalau dibandingkan pada hari yang sama sebelum memasuki masa liburan sekolah dan menjelang Hari Raya Idul Adha, peningkatannya hampir dua kali lipat.

2. Prokes tetap diutamakan

Penumpang kereta diwajibkan terus memakai masker 3 lapis (Dok. KAI)

PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan semua penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, maupun stasiun lain di wilayah kerja Daop 1 memenuhi persyaratan prokes yang sudah ditetapkan.

KAI saat ini masih mengikuti SE Kementerian Perhubungan Nomor 57 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 18 Mei 2022.

Selain itu, KAI masih menunggu aturan resmi dari pemerintah terkait petunjuk teknis kebijakan vaksin booster menjadi syarat bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan KA.

Baca Juga: Potret Jokowi Naik Kereta Api dari Polandia ke Ukraina

3. Tiket terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi

Tiket Kereta Api terintegrasi dengan aplikasi Peduli Lindungi (Dok. KAI)

Ticketing system KAI juga sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes COVID-19 penumpang.

Hasilnya, data tersebut dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, situs KAI, dan pada saat boarding.

Penumpang juga diwajibkan menggunakan masker selama dalam perjalanan KA dan saat berada di stasiun. Tidak hanya itu, penumpang juga harus dalam kondisi yang sehat dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. KAI juga akan memberikan healthy kit kepada pelanggan KA Jarak Jauh secara cuma-cuma.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya