TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

LSI Rilis 15 Nama Capres 2024 Ada AHY dan Anies, Satu Masih Rahasia

Persaingan Pilpres di 2024 semakin ketat

IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Jakarta, IDN Times - Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis 15 nama calon presiden (capres) untuk 2024 mendatang. Dari nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Anies Baswedan masuk dalam radar.

Tidak hanya itu, sejumlah nama lain dari elite partai politik, pemerintah daerah, hingga pejabat pemerintahan juga ikut meramaikan bursa capres pada 5 tahun mendatang.

Baca Juga: Selama Pemilu 2019, Total Belanja Iklan Capres-Cawapres Rp206,6 Miliar

1. Ada 3 kriteria dalam menentukan capres 2024

IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan, untuk menentukan capres pada 2024, ada 3 kriteria khusus yang telah dilakukan.

“Pertama memiliki tingkat pengenalan di atas 25 persen, kedua berasal dari 4 sumber rekrutmen yaitu pernah menjabat sebagai pemerintah pusat, ketua umum partai, kepala daerah, dan profesional. Ketiga potensial artinya penilaian subjektif tim LSI,” kata Rully di Graha LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (2/6).

2. Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo masuk radar capres 2024

IDN Times/Galih Persiana

Dari kriteria tersebut, LSI memetakan sejumlah tokoh yang berpeluang sebagai capres pada Pilpres 2024. Pertama, tokoh yang muncul dari sumber jenjang pemerintahan daerah yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa.

“Setelah popularitas, keempat tokoh politik ini adalah kepala daerah dari empat provinsi dengan populasi terbanyak di Indonesia. DKI Jakarta meskipun populasi pemilihnya tidak banyak, namun kepala daerah di Jakarta punya kesempatan ekspose media yang lebih banyak dibanding daerah lain,” ujar Rully.

3. Nama Sri Mulyani dan Tito Karnavian muncul dari kalangan pemerintahan

IDN Times/Auriga Agustina

Sementara dari jenjang pimpinan partai politik, LSI menyimpulkan ada 6 tokoh yang masuk dalam radarnya yaitu Prabowo Subianto (Gerindra), Sandiaga Salahuddin Uno (PAN), Airlangga Hartarto (Golkar), Agus Harimurti Yudhoyono (Demokrat), Puan Maharani (PDIP), dan Muhaimin Iskandar (PKB).

“Sedangkan jenjang jabatan pemerintahan ada 4 tokoh yang berpeluang yaitu Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Budi Gunawan (Kepala BIN), Tito Karnavian (Kapolri), dan Gatot Nurmantyo (Mantan Panglima TNI),” jelasnya.

Baca Juga: Ini Daftar Nama Millennial yang Masuk Bursa Menteri Jokowi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya