TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Menteri BUMN Rini Soemarno Tinjau Pengerjaan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Didukung banyak ahli dari China

IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno bersama President of China Railway Corporation (CRC) Mr. Lu Dongfu meninjau langsung pengerjaan Proyek Inlet Tunnel Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Halim, tepatnya di KM 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (2/5).

Inlet Tunnel 1 membentang sepanjang 1.830 meter merupakan salah satu titik kritis dari total 16.375 meter tunnel yang akan dikerjakan selama 26 bulan.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Cuma 4 Jam, Berapa Harga Tiketnya?

1. Kerja sama Pemerintah Indonesia dan China  

IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Tujuan kunjungan delegasi China meninjau secara langsung proyek KCJB untuk mempercepat proyek KCJB yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional di Indonesia. Tak hanya Halim, para delegasi ini juga berencana mengunjungi sejumlah titik proyek KCJB hingga 4 Mei 2018 mendatang

"Baik Pemerintah Indonesia, maupun Pemerintah China, senantiasa memastikan dan menjaga kualitas pekerjaan konstruksi kereta cepat ini," kata Rini di Halim.

Perkembangan pengerjaan Tunnel 1 yang ditinjau ini telah menyelesaikan pemadatan 2.700 meter persegi konstruksi jalan beton, menyelesaikan pembangunan jalan akses serta telah menyelesaikan pembangunan bengkel rebar. 

2. Tunnel 1 KCJB menyerap banyak ahli China

IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Sehubungan dengan tingginya kompleksitas dalam pengerjaan Tunnel, maka pembangunan Tunnel 1 ini didukung oleh pekerja ahli China untuk memastikan teknis, keselamatan dan keamanan. 

Sementara pekerja Indonesia akan terus mendampingi sebagai wujud alih tekhnologi, kemampuan dan pengetahuan sebagaimana yang telah disepakati dalam agreement antara Indonesia dengan China, mengingat ini kali pertama bagi Indonesia membangun Tunnel untuk Kereta Cepat.

Baca juga: Kesan Pertama Naik Kereta Cepat Sudirman-Soetta

 

 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya