TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

SBY Minta Semua Pihak Hati-hati dalam Merancang dan Membahas RUU HIP

Agar tidak terjadi perpecahan pada bangsa ini

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (IDN Times/Irfan fathurohman)

Jakarta, IDN Times - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat bicara terkait Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang saat ini sedang menjadi polemik di masyarakat.

Melalui akun Twitter pribadinya @SBYudhoyono, ia meminta seluruh pihak agar berhati-hati dalam berpikir, berbicara, dan merancang suatu hal yang berkaitan dengan sebuah ideologi negara.

Baca Juga: Bertentangan dengan Pancasila, FUIB Sulsel Minta RUU HIP Disetop

1. SBY minta RUU HIP dipikirkan dengan hati-hati

IDN Times/Margith Juita Damanik

Terlebih, lanjut dia, Pancasila merupakan ideologi mendasar yang mencakup seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia sejak negara ini merdeka.

“Kita harus sungguh berhati-hati jika berpikir, berbicara & merancang sesuatu yg berkaitan dgn ideologi & dasar negara Pancasila. Apalagi jika menyentuh pula kerangka & sistem kehidupan bernegara. Kalau keliru, dampaknya sangat besar,” tulis SBY dalam akun Twitter-nya, Selasa (23/6).

2. Sebab, jika salah dalam berpikir, justru akan menimbulkan perpecahan menurut SBY

Instagram

SBY menegaskan, seluruh pihak harus bisa memosisikan sebuah ideologi dengan tepat dan benar. Sebab, proses membangun nasionalisme tidak lah mudah, butuh kesepakatan bersama agar ideologi tersebut bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Memosisikan ideologi harus tepat & benar. Ingat, proses 'nation building' & 'consensus making' yg kita lakukan sejak tahun 1945 juga tak selalu mudah. Jangan sampai ada 'ideological clash' & perpecahan bangsa yg baru. Kasihan Pancasila, kasihan rakyat,” katanya menegaskan.

Baca Juga: Pakar Hukum: Penulis Naskah Akademik RUU HIP Tidak Utuh Kutip Sukarno

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya