TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Akun Pengurus BEM UI Diretas, Faldo Maldini: Itu Konsekuensi Politik 

"Kalau gak mau (diserang personal) kita jangan berpolitik."

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Faldo Maldini, dalam diskusi MillennialsMemilih by IDN Times. (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Jakarta, IDN Times - Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Faldo Maldini mengingatkan BEM UI, termasuk ketuanya Leon Alvinda Putra, bahwa mereka harus siap diserang secara personal usai mengkritik Presiden Joko Widodo atau Jokowi.  

"Serangan pribadi biasa saja. Itu konsekuensi politik yang harus kita terima. Mungkin Bro Leon harus sadar dan sudah sadar saya kira atas limbah politik demokrasi," kata Faldo dalam Live Instagram Ngobrol Seru IDN Times, Sabtu (3/7/2021).

Baca Juga: BEM UI Sayangkan Jokowi Tak Jawab Substansi Kritik King of Lip Service

1. Faldo minta BEM UI siap diserang personal

IDN Times/Alya Dwi Achyarini

Menurut Faldo, baik BEM UI maupun Leon, tidak perlu sering 'curhat' ke publik ketika mendapat serangan personal. Sebab serangan personal dari pihak lain tak dapat dikontrol. 

"Kalau gak mau (diserang personal) kita jangan berpolitik, kalau gak mau kritikannya tempel saja di dinding pandangan saja, insyaallah gak ada komentar," kata Faldo.

2. Faldo sebut saling kritik merupakan kultur UI

IDN Times/Alya Dwi Achyarini

Faldo, yang juga pernah menjadi Ketua BEM UI, menilai polemik yang melibatkan BEM UI hinggga rektorat terjadi karena kultur kampus tersebut yang terbiasa dengan kritik terbuka. Menurutnya, hal itu akan selesai ketika semua pihak duduk bareng berdiskusi. 

"Saya kira ini kultur kampus UI yang sangat terbuka intelektualnya egaliter di luar dan di dalam kelas, Leon sering dikritik dan mengkritik, rektor dikritik dan mengkritik," kata Faldo.

Baca Juga: BEM Luar Jakarta Ramai-Ramai Bersuara Dukung BEM UI Kritik Jokowi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya